nusabali

3 Caleg asal Songan Lolos Pemilu 2024

  • www.nusabali.com-3-caleg-asal-songan-lolos-pemilu-2024

BANGLI, NusaBali - Tiga calon legislatif (caleg) asal Desa Songan, Kecamatan Kintamani, berhasil lolos ke DPRD Bangli dalam Pemilu 2024, Selasa (14/2). Caleg yang sukses di Dapil Kintamani Timur tersebut, yakni dari PDIP, Gerindra dan Nasdem. Sda sekitar 13.000-an pemilih di Desa Songan, Kecamatan Kintamani, Bangli.

Tiga caleg tersebut, yakni Wayan Artom Krisna Putra (PDI-P), I Made Joko Arnawa (Gerindra), dan I Nyoman Muliawan (Nasdem). Peraihan tiga kursi ini meningkat di bandingkan Pemilu 2019 yang hanya meloloskan 2 wakilnya di DPRD Bangli.

Politisi Nasdem Gede Tindih mengatakan pada Pemilu 2024 ini terjadi peningkatan jumlah caleg  asal Desa Songan yang bisa lolos ke DPRD Bangli. Pada Pemilu 2019  dua caleg  Desa Songan  yakni dirinya yang maju lewat parati Nasdem dan  I Made Joko Arnawa dari partai Gerindra. Sementara di  Pemilu 2024  sebanyak 3 caleg asal Desa Songan yang dipastikan lolos ke DPRD Bangli.

Walupun dari segi jumlah ada peningkatan, menurut Jro Tindih belumlah optimal. Karena dengan jumlah pemilih di Desa Songan hampir 13.000 orang. “ Melihat potensi layaknya bisa loloskan empat wakil rakyat. Kami berharap mudah-mudahan pada Pemilu berikutnya ada peningkatan,” ungkapnya Mimggu (18/2).

Disisi lain, caleg dari PDIP, Wayan Artom Krisna Putra mengaku dari hasil penghitungan suara sementara pihaknya sudah mengantongi 3847 suara . Namun demikian Wayan Artom mengaku masih menunggu hasil penghitungan resmi dari KPU. "Dari hasil penghitungan sementara asda di 3847 suara, tidak menutup kemungkinan ada penamambahan lagi karena penghitungan suara masih berproses,” ujarnya. 

Wayan Artom sendiri sempat menjadi PAW pada tahun 2018 lalu. Kemudian pada Pemilu 2019 dirinya gagal dan tahun ini meraih suara terbilang tinggi. 

Sementara itu, Made Joko Arnawa yang merupakan incumbent mengatakan dari penghitungan suara sementara Partai Gerindra di Dapil Kintamani Timur meraup 3300 suara. Menurutnya persaingan di dapil Kintamani Timur termasuk cukup ketat. Caleg yang bertarung selain incumbent juga new comer berlantar tokoh masyarakat (Perbekel) dan lainnya.  “Dengan jumlah perolehan suara tentu Partai Gerindra mendapat jatah 1 kursi di DPRD Bangli ,” kata Joko Arnawa.

Caleg Nasdem Nyoman Muliawan mengaku optimis dengan akululasi 3700 suara bisa merebut 1 kursi di DPRD Bangli. Sebagai pendatang baru, Nyoman Muliana mengaku harus ekstra kerja keras untuk meraih simpati masyarakat. Peraihan kali ini tidak lepas dari dukungan kalangan muda  dan tentu juga tak lepas dari doa restu  penglisir dan orang tua,” sebutnya. 

Wayan Artom Krisna Putra, Made Joko Arnawa, dan I Nyoman Muliawan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas dukungan yang telah  di berikan. 

Selain Desa Songan yang memiliki 3 wakil rakyat sekaligus, Desa Kayubihi, Kecamatan Bangli masih bertahan dengan 2 caleg. Ketut Guna (Partai Nasdem) dan Wayan Merta Suteja (PDI-P) kembali mempertahankan kursinya.7esa

Komentar