nusabali

KPU Denpasar Siapkan Rekapitulasi Suara

Logistik Pemilu 2024 Pasca Coblosan ‘Diamankan’

  • www.nusabali.com-kpu-denpasar-siapkan-rekapitulasi-suara

DENPASAR, NusaBali - KPU Kota Denpasar ‘mengamankan’ seluruh logistik Pemilu 2024, pasca-pemungutan suara alias coblosan pada Rabu (14/2) lalu.

Ketua KPU Kota Denpasar, Dewa Ayu Sekar Anggraeni mengatakan bahwa logistik pemilu telah berhasil dikumpulkan kembali dari seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) ke lokasi rekapitulasi di empat kecamatan yang ada di Kota Denpasar.

Dewa Ayu Anggraeni menjelaskan, setelah penarikan logistik, semua barang termasuk surat suara yang digunakan, baik yang sah maupun tidak sah, serta kelengkapan lainnya, seperti alat coblos, tinta, name tag, dan salinan daftar pemilih, telah tiba di kecamatan masing-masing. “Logistik tersebut akan digunakan dalam proses rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dari seluruh TPS di wilayah kerja Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK),” ujar Anggraeni ditemui di Kantor KPU Denpasar, Jalan Raya Puputan, Niti Mandala Denpasar, Kamis (15/2).

Kata dia, seluruh logistik yang digunakan pada saat hari pencoblosan dikembalikan dari TPS dan dikumpulkan ke desa/kelurahan lalu dibawa ke lokasi rekap PPK. Ada 4 lokasi penyimpanan di setiap kecamatan. Untuk Denpasar Utara ada di Wisma Departemen Agama di Jalan Kahuripan Nomor 2, Desa Dauh Puri Kaja, Kecamatan Denpasar Utara. Kemudian di Denpasar Timur ada di UPT Sanggar Kegiatan Belajar Denpasar, Jalan Trengguli I Nomor 30, Desa Penatih, Kecamatan Denpasar Timur. Kemudian di Denpasar Selatan diamankan di Gedung PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu) Koperasi dan UMKM Provinsi Bali, Jalan Raya Sesetan Nomor 250, Kelurahan Sesetan, Kecamatan Denpasar Selatan. Sebaliknya di Denpasar Barat ada di GOR Kompyang Sujana, Jalan Gunung Agung, Desa Pemecutan Kaja, Kecamatan Denpasar Utara.

Informasi yang diperoleh NusaBali, setelah pemeriksaan dilakukan di 4 kecamatan, jumlah logistik yang diterima oleh PPK telah sesuai. Namun demikian, Anggraeni menekankan bahwa kesesuaian isi kotak yang disegel masih perlu diverifikasi saat proses rekapitulasi. “Untuk kotak suara ada 9.435, untuk bilik suara ada 7548, kemudian dan perlengkapan lainnya sudah sesuai semua. Hanya saja untuk lebih rincinya, karena ada di dalam kotak dan disegel jadi kita juga belum tahu apakah yang ada di dalam kotak itu sudah sesuai atau tidak. Tetapi berdasarkan surat pengantar dan tanda terima yang disampaikan oleh KPPS ke PPS dan PPK itu sudah sesuai,” jelasnya.

Sementara untuk bilik suara saat ini sudah ditarik dari 4 kecamatan di Denpasar. Karena tidak akan digunakan di rekap tingkat kecamatan, semuanya ditaruh di Gudang KPU yang terletak di Jalan Pulau Moyo Nomor 20, Kelurahan Pedungan, Kecamatan Denpasar Selatan. Anggraeni menyatakan kondisi logistik saat ini tidak ada dilaporkan alami kerusakan selama proses penarikan kembali. “Kemarin walaupun ada hujan di beberapa titik tapi hanya sebentar, itu tidak merusak logistik yang digunakan di TPS,” jelas Anggraeni. cr79

Komentar