nusabali

EPL Sahkan Investasi Ratcliffe di Manchester United

  • www.nusabali.com-epl-sahkan-investasi-ratcliffe-di-manchester-united

LONDON, NusaBali - Operator English Premier League (EPL) mengesahkan dan menyetujui investasi miliarder Inggris Jim Ratcliffe berupa pembelian 25 persen saham Manchester United (MU). Pembaruan informasi US Securities and Exchange Commision (SEC) mengungkapan, keputusan operator Liga Primer Inggris memberi lampu hijau kepada investasi Ratcliffe.

MU masih menunggu persetujuan FA untuk mewujudkan kesepakatan itu. Ratcliffe pernah mengatakan semua urusan administratif dapat diselesaikan pada pertengahan Februari ini dan akan memberinya kendali terhadap urusan sepakbola di Old Trafford.

Dilaporkan pada Selasa (13/2) malam waktu setempat bahwa proses itu telah bergerak menuju resolusi. Periode para pemegang saham kelas A dapat melakukan tender untuk penjualan diperpanjang dari 14 Februari sampai 16 Februari pukul 23.59 waktu setempat. Sejauh ini 36,7 persen saham kelas A ditenderkan, dengan demikian akuisisi sebesar 25 persen dapat diwujudkan.

Pada 25 Desember 2023, Ratcliffe yang juga Ketua INEOS sepakat membeli 25 persen saham di United dari keluarga Glazer dengan nilai transaksi sekitar 1,02 miliar pound. Ratcliffe juga akan melakukan investasi lanjutan pada infrastruktur klub sebesar 238 juta pound.

Ratcliffe juga bertemu para pemimpin organisasi suporter independen Manchester United Supporters’ Trust dan berbicara dengan sejumlah pemimpin lokal di Dewan Trafford serta Wali Kota Greater Manchester Andy Burnham.

Sir Jim (71 tahun) juga dikabarkan akan membajak Dan Asworth sebagai direktur olahraga baru. Sebelumnya, Asworth memimpin perombakan dan ‘otak transfer’ pemain  di Newcastle United. MU juga membajak Omar Berrada sebagai CEO dari klub rival sekota Manchester City.

The Telegraph melaporkan pemegang saham MU, Ratcliffe ingin Asworth sebagai direktur olahraga yang baru. Sir Jim dikabarkan sudah lama mengenal Asworth dan tahu betul punya track record bagus. 

Sir Jim juga terkesan Asworth memimpin proyek revolusi Newcastle. 

Selain Asworth, ada beberapa nama lain yang dipertimbangkan Sir Jim menjadi direktur olahraga MU. Salah satunya Paul Mitchell yang pernah menjadi direktur olahraga AS Monaco. *

Komentar