nusabali

Bank BPD Bali Jamin Tak Ada Antrean

Buka Counter Pembayaran Wisman di Bandara

  • www.nusabali.com-bank-bpd-bali-jamin-tak-ada-antrean

DENPASAR, NusaBali - Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali resmi terhitung 14 Februari 2024 membuka layanan pembayaran retribusi wisatawan asing di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional Ngurah Rai. Hal tersebut menyusul mulai diberlakukannya pungutan Rp150.000 bagi wisman yang diterapkan Pemprov Bali.

Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma menjelaskan, layanan di Bandara  bertujuan untuk memberikan kemudahan dan akses yang optimal kepada wisatawan asing yang datang berwisata ke Pulau Dewata.

Untuk  wisatawan asing yang belum melakukan pembayaran retribusi,  dilayani secara langsung oleh Bank BPD Bali di terminal kedatangan.

“Sehingga sebelum keluar bandara, wisatawan asing sudah membayar retribusi sebesar Rp150.000,” ujarnya, Rabu (14/2).

Agar bisa melakukan pembayaran,  wisatawan mancanegara akan diminta untuk melengkapi identitas diri terlebih dulu  seperti nomor paspor, nama, alamat email, hingga tanggal kedatangan ke Bali.

“Layanan di Bandara efektif berlaku di 14 Februari 2024, kami sudah siap baik dari segi sistem maupun SDM. Dari uji coba yang sudah dilakukan dengan melibatkan wisatawan asing, sistem berjalan dengan baik, wisatawan asing bisa langsung melakukan pembayaran melalui aplikasi Love Bali, dan dananya langsung masuk ke Kas Daerah,” paparnya.

Bank BPD Bali membuka counter layanan penerimaan pungutan wisatawan akan  sesuai dengan jadwal kedatangan pesawat dari luar negeri(LN) di pintu pickup area Bandara  I Gusti Ngurah Rai.

Tata cara pemungutan dipastikan tidak akan menimbulkan antrean karena transaksi dilakukan secara digital dan cashless dengan menggunakan channel pembayaran EDC dan QRIS, untuk layanan EDC dapat menerima Kartu Kredit dan Debit dari penerbit  Mastercard, Visa, American Express dan JCB.

Untuk penerimaan transaksi penerbit tersebut Bank BPD Bali bekerjasama dengan Bank Central Asia (BCA) yang sudah memiliki  channel pembayaran karut kredit dan kartu debit international termasuk untuk pembayaran transaksi dengan kredit Bank BCA.

Kata Nyoman Sudharma Bank BPD Bali menjamin kanal pembayaran tersebut  juga dijamin bisa diakses oleh banyak orang, dengan kedatangan wisatawan rata - rata 15.000 - 17.000 per hari.

Sudharma menjamin aplikasi tersebut akan tetap berjalan optimal. Bahkan dari hasil uji coba, volume transaksi sudah mencapai 14.000 transaksi dengan nilai transaksi mencapai Rp2,1 miliar.

Kanal pembayaran tersebut akan terus dikembangkan seiring sesuai dengan kebutuhan di masa depan. Kanal pembayaran ini juga bagian dari percepatan digitalisasi keuangan daerah dan juga sesuai dengan peran Bank BPD Bali sebagai bank pengelola rekening kas umum daerah (RKUD). k17

Komentar