nusabali

Massa Bergemuruh Sambut Prabowo-Gibran

Unggul Pilpres Versi Hitung Cepat Mayoritas Lembaga Survei

  • www.nusabali.com-massa-bergemuruh-sambut-prabowo-gibran

Prabowo mengatakan akan merangkul seluruh unsur rakyat Indonesia, dia dan Gibran Rakabuming Raka ingin menjadi pemimpin bagi seluruh rakyat Indonesia

JAKARTA, NusaBali
Massa bergemuruh sambut kedatangan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden (Capres-Cawapres) RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (14/2) malam. Lembaga-lembaga survei mengumumkan pasangan Prabowo-Gibran unggul cukup jauh di atas pasangan Capres-Cawapres lainnya di Pilpres 2024. Berdasarkan hitung cepat juga diketahui Pilpres akan berlangsung hanya satu putaran, sebab raihan suara yang didapatkan Prabowo-Gibran jauh melebihi 50 persen + 1.  

Dari pantauan di lokasi, Prabowo-Gibran mengenakan kemeja kotak kotak berwarna biru muda datang ke Istora Senayan sekitar pukul 19.35 WIB. Kedatangan mereka sudah disambut massa sedari depan pintu Istora Senayan, Jakarta Pusat. Keduanya langsung diajak bersalaman oleh massa yang sudah menunggu. Ketika masuk ke dalam Istora Senayan, massa yang ada di dalam langsung bergemuruh. Massa berusaha berteriak agar bisa disapa oleh Prabowo-Gibran.

Satu demi satu tangan massa didalami Prabowo-Gibran. Prabowo juga sesekali melambaikan tangan kepada massa yang ada di tribun Istora Senayan. Dalam pidatonya Capres Prabowo Subianto meminta masyarakat pendukungnya tetap menunggu hasil penghitungan resmi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). "Saudara saudara sekalian, kita harus tetap tunggu hasil resmi KPU. Kita yakin demokrasi Indonesia berjalan dengan baik," kata Prabowo saat menyampaikan pidatonya di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Rabu malam. Hal tersebut dikatakan Prabowo agar para pendukungnya tidak jumawa dan sombong dengan hasil penghitungan suara yang hanya berdasarkan hitung cepat beberapa pihak.

Dia pun mengakui banyak hasil hitung cepat yang menyatakan suara Prabowo-Gibran sudah mengungguli pasangan calon lain dengan perolehan lebih dari 50 persen. Namun demikian, dia berharap hasil itu tidak membuat para pendukungnya sombong dan merendahkan pasangan calon lain. "Kita tidak boleh jumawa, kita tidak boleh euforia, kita tetap harus rendah hati," ucap dia.

Prabowo juga mengatakan akan merangkul seluruh unsur rakyat Indonesia. Prabowo bersama Gibran Rakabuming Raka ingin menjadi pemimpin bagi seluruh rakyat Indonesia. "Kemenangan ini harus menjadi kemenangan untuk seluruh rakyat Indonesia," kata Prabowo. Prabowo-Gibran dan Koalisi Indonesia Maju akan merangkul semua kekuatan. Mereka akan menjadi presiden dan wakil presiden bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Prabowo-Gibran dan seluruh Koalisi Indonesia Maju, kami akan merangkul semua unsur dan semua kekuatan. Kami akan menjadi presiden, wakil presiden, dan pemerintah untuk seluruh rakyat Indonesia," katanya. Prabowo menegaskan akan mengayomi semuanya. Mereka akan melindungi seluruh rakyat. "Berkali-kali saya tegaskan, saya akan memimpin bersama Saudara Gibran, akan mengayomi, akan melindungi seluruh rakyat Indonesia," tegasnya.

Prabowo mengatakan tidak akan membeda-bedakan kelompok. Prabowo tak melihat etnis atau latar belakang sosialnya. "Apa pun sukunya, apa pun kelompok etnisnya, apa pun rasnya, apa pun agamanya, apa pun latar belakang sosialnya. Seluruh rakyat Indonesia akan menjadi tanggung jawab kami untuk menjaga kepentingannya," jelasnya.

Prabowo pun mengucapkan rasa terima kasih mulai dari Presiden Soekarno hingga Joko Widodo (Jokowi). Dia menyebut Jokowi berjasa bagi bangsa Indonesia. "Presiden Joko Widodo berjasa bagi bangsa Indonesia," kata Prabowo. Usai mengatakan hal tersebut, relawan langsung menyambut dengan riuh dan tepuk tangan. Riuh tepuk tangan berlangsung cukup lama hingga Prabowo menghentikan sementara pidatonya. Prabowo juga mengatakan mengenal Presiden Indonesia sebelumnya. Dia menyebut sangat kenal dengan sosok Presiden Jokowi. Menurutnya, Jokowi merupakan sosok yang pekerja keras. Bahkan, lanjut Prabowo, menteri Jokowi sampai kelelahan mengikuti cara kerja Jokowi. "Presiden Joko Widodo saya sangat kenal, beliau saya katakan pekerja yang sangat, sangat, sangat keras, tidak ada capeknya. Menteri-menterinya kelelahan ikut beliau," ucapnya.

Relawan kemudian menyambutnya dengan riuh teriak dan tepuk tangan. Kemudian mereka meneriaki nama Jokowi. "Jokowi.. Jokowi.. Jokowi," kata relawan kompak. Prabowo didampingi Cawapres Gibran Rakabuming Raka mensyukuri hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei yang menyatakan dirinya dan pasangannya, Gibran unggul dari dua rivalnya.

"Atas nama tim Prabowo-Gibran, atas nama Koalisi Indonesia Maju, kita bersyukur atas hasil penghitungan cepat yang sudah ada," kata Prabowo. Menurut Prabowo, dari semua hitung cepat lembaga survei, termasuk lembaga yang berada di pihak rivalnya, menyatakan bahwa dirinya dan Gibran mencapai perolehan suara yang bisa menembus kemenangan satu putaran. "Semua penghitungan cepat lembaga survei, termasuk lembaga-lembaga yang berada di pihak-pihak pasangan calon lain, menunjukkan angka-angka yang memang pasangan Prabowo-Gibran menang sekali putaran," katanya.

Terpisah Capres nomor urut 01, Anies Baswedan menanggapi hasil hitung cepat suara (quick count) dengan mayoritas lembaga survei merilis posisi dirinya dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di posisi kedua. Anies meminta publik tak terburu-buru mengambil kesimpulan. "Jadi jangan kita tergiring untuk segalanya serba cepat, sekarang harus sekarang, harus disimpulkan sekarang, kasih waktu bagi KPU untuk bekerja, jangan kita tergiring untuk segalanya cepat, kita tunggu sampai KPU tuntas," kata Anies di Markas Pemenangan Timnas AMIN, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu kemarin. Anies mengatakan hasil yang dipertontonkan oleh quick count terlalu awal. Ia meminta semua pihak menunggu sampai semuanya rampung.

Foto: Capres Anies Baswedan (kanan) menyampaikan keterangan kepada wartawan di posko pemenangan di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Rabu (14/2). -ANTARA

Hal serupa diungkapkan Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Ganjar mengatakan akan mengikuti penghitungan dari KPU atau real count sampai Maret. "Kita selalu mengikuti apa pun yang ada di media ya, apa yang diberitakan. Kita akan mengikuti semua apa yang diberitakan dan tentu penghitungan akhir nanti sampai Maret," kata Ganjar di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu kemarin. Saat ini, diketahui bahwa sejumlah lembaga survei mengeluarkan hitung cepat Pilpres 2024. Menurut Ganjar, tak ada kerja yang sia-sia dalam proses pilpres. "Jadi hari ini dari seluruh saksi, dari partai, mereka sekarang lagi bekerja dan tidak ada perjuangan yang sia-sia. Dan tentu saja semua masih semangat dan kita juga semangat," ujar Ganjar dilansir detik.com.

Foto: Capres Ganjar Pranowo (kiri) usai menyaksikan perhitungan cepat Pilpres 2024 di Posko Pemenangan Teuku Umar, Jakarta, Rabu (14/2). -ANTARA

Ganjar mengatakan partai pendukungnya juga akan menghitung secara internal hasil Pemilu 2024. Tim pendukung tersebut yang akan menyampaikan ke publik.

"Tadi saya dikasih informasi dari seluruh Indonesia, dari hasil-hasil yang ada dan sekarang lagi diakumulasikan nantinya di partai. Lebih khusus yang di PDI Perjuangan. Maka kita tunggu saja, nanti yang sifatnya teknis, kawan-kawan TPN yang sedang menyiapkan," imbuhnya.

Hasil hitung cepat mayoritas lembaga survey menunjukkan kemenangan pasangan Prabowo-Gibran. Data masuk di atas 88 persen pada update hingga pukul 21.00 WIB atau 22.00 Wita semalam. 7 ant

Komentar