nusabali

Kapolres Badung: Petang, Mengwi, Abiansemal Dapil Sangat Rawan

  • www.nusabali.com-kapolres-badung-petang-mengwi-abiansemal-dapil-sangat-rawan

MANGUPURA, NusaBali.com - Polres Badung memetakan daerah pemilihan (Dapil) yang tergolong sangat rawan di Pemilu 2024 ini. Ada tiga dapil yang dinilai sangat rawan yaitu Kecamatan Petang, Mengwi, dan Abiansemal.

Berdasarkan data KPU Kabupaten Badung, ketiga wilayah memiliki total 768 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sejumlah 102 TPS berada di Petang, 383 TPS di Mengwi, dan 283 TPS di Abiansemal.

Data kerawanan ini diungkapkan oleh Kapolres Badung AKBP Teguh Priyo Wasono saat memantau kesiapan TPS 49 Banjar Gaji, Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Badung pada Selasa (13/2/2024) pagi.

"Untuk saat ini, dapil yang tergolong sangat rawan berdasarkan perkiraan dan karakteristik situasi di wilayah itu ada tiga yaitu Petang, Mengwi, dan Abiansemal," ujar Teguh ketika ditemui usai memantau TPS 49 Banjar Gaji.

Lanjut Teguh, berdasarkan track record Pemilu di wilayah ini sempat terjadi permasalahan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan ada protes. Kemudian, melihat juga calon anggota legislatif (caleg) yang berlaga dan memiliki massa besar.

Untuk di tiga wilayah sangat rawan ini, Polres Badung bakal memberikan treatment khusus. Di mana, akan diplot dua personel Polri dan dua personel Satlinmas. Ada pula perwira pengendali dan pengamanan tertutup dari intelijen.

"Kami menyiapkan 657 personel Pemanganan TPS. Sejumlah 337 personel dari BKO (Bawah Kendali Operasi) Polda Bali dan 320 personel dari Polres Badung," imbuh Teguh.

Mantan Wakapolres Tuban, Jawa Timur ini menuturkan, akan disiagakan pula personel cadangan dari TNI, Brimob Polda Bali, dan personel Polres Badung lainnya. Personel cadangan ini di-standby-kan di Mapolres Badung.

Terkait kehebohan keributan yang melibatkan warga pendatang dan warga lokal yang terjadi belakangan ini juga turut menjadi perhatian Polres Badung. Kata Teguh, jajarannya melakukan tindakan pencegahan dengan menyasar kantong-kantong wilayah di mana penduduk pendatang berada. *rat

Komentar