nusabali

Dikawal Polresta, KPU Denpasar Distribusikan Logistik Pemilu

  • www.nusabali.com-dikawal-polresta-kpu-denpasar-distribusikan-logistik-pemilu

DENPASAR, NusaBali - KPU Kota Denpasar melakukan pendistribusian logistik Pemilu 2024 dari gudang logistik di GOR (Gelanggang Olah Raga) Kapten Kompyang Sujana, Jalan Gunung Agung, Desa Pemecutan Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Senin (12/2) pagi. Logistik berupa surat dan kotak suara tersebut diharapkan sudah siap digunakan saat coblosan Pemilu pada Rabu (14/2) besok.

Logistik pemilu dikirimkan ke PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) di 4 kecamatan yakni Kecamatan Denpasar Barat, Denpasar Timur, Denpasar Utara dan Denpasar Selatan. Selanjutnya, PPK akan melanjutkan pengiriman ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di desa/kelurahan. Ada 43 PPS tersebar di desa/kelurahan di Kota Denpasar.

Adapun logistik pemilu yang didistribusikan meliputi kotak suara sejumlah 9.435. Rencananya masing-masing TPS akan mendapatkan 5 kotak suara. Selain kotak suara, juga didistribusikan bilik suara serta alat kelengkapan di luar kotak suara, seperti name tag kalung, salinan DPT, daftar hadir. Logistik yang diterima PPS akan ditempatkan di masing-masing kantor desa/kelurahan. 

KPU Denpasar mengerahkan armada pengangkut logistik berbeda-beda di tiap kecamatan. Di Denpasar Utara pada trip pertama menggunakan 14 truk, selanjutnya tahap tahap kedua menggunakan 17 truk. Di Denpasar Timur menggunakan 12 truk, Denpasar Selatan menggunakan  10 truk dan 5 pick up, serta Denpasar Barat menggunakan 20 truk. Karena jumlah TPS-nya paling banyak di Denpasar Barat.

Ketua KPU Kota Denpasar, Dewa Ayu Sekar Anggraeni mengatakan pendistribusian logistik Pemilu 2024 ini direncanakan selesai dikirim seluruhnya dalam sehari (Senin kemarin,red). Sehingga, Selasa (13/2) hari ini (H-1 pencoblosan) seluruh logistik pemilu sudah tersedia di masing-masing TPS (Tempat Pemungutan Suara). “Astungkara bisa hari ini semuanya, sehingga bisa disimpan satu malam di kantor desa/kelurahan sehingga di H-1 pencoblosan akan di droping ke tempat pemungutan suara di wilayah kerja masing-masing,” ucap Sekar Anggraeni saat ditemui NusaBali di GOR Kompyang Sujana, Desa Pemecutan Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Senin.

Pantauan NusaBali, PPK dengan sigap mengambil logistik dari gudang dan mendistribusikannya langsung ke desa-desa dan kelurahan. Menurut Anggraeni, pengiriman ini dilakukan oleh PPK. “Mereka (PPK) yang menyiapkan armadanya, kemudian buruh angkutnya juga mereka menyiapkan. Bawaslu Kota Denpasar melalui  Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) dan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) itu juga ikut mengawal kegiatan distribusi logistik di tingkat kecamatan dan juga TPS di tingkat desa/kelurahan,” jelas Anggraeni seraya menjelaskan bahwa keamanan distribusi juga dijamin dengan keterlibatan Polresta Denpasar, yang menyediakan personel untuk mengawal proses pendistribusian. mis,cr79

Komentar