nusabali

Bidik Partisipasi 85 Persen, KPU Tabanan Woro-woro dari Banjar ke Banjar

  • www.nusabali.com-bidik-partisipasi-85-persen-kpu-tabanan-woro-woro-dari-banjar-ke-banjar

TABANAN, NusaBali - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan menargetkan partisipasi pemilih saat Pemilu 2024 sebanyak 85 persen. Berbagai upaya dilakukan untuk mengajak masyarakat datang ke TPS (Tempat Pemungutan Suara). Salah satunya dengan meluncurkan program woro-woro (sosialisasi dari banjar ke banjar,red). Hal ini yang dinilai efektif menempelkan ingatan kepada masyarakat untuk nyoblos, Rabu (14/2) besok.

Woro-woro ini pola sosialisasi dengan mengajak tim penyelenggara masuk ke banjar-banjar menggunakan mobil, lengkap dengan pengeras suara. Lewat pengeras suara inilah tim memberikan ajakan kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilih. Dalam kegiatan woro-woro di sepanjang jalan dihidupkan lagu Jingle KPU. 

Komisoner KPU Tabanan/ Divisi Sosialisasi,  Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) Ni Putu Suaryani mengatakan bidikan 85 persen partisipasi pemilih di Pemilu 2024 akan terwujud. Apalagi sosialisasi sudah sejak awal telah digalakkan. “Kalau Pemilu tahun 2019 target partisipasi pemilih mencapai 77,5 persen, dan di tahun 2024 target naik jadi 85 persen,” ujar Suaryani, Senin (12/2). 


Sementara sosialisasi yang sudah dilaksanakan untuk menekan angka golongan putih (golput) mulai dari sosialisasi di media elektronik, cetak, hingga online. Kemudian mengoptimalisasi tim adhoc di tingkat kecamatan dan desa untuk sosialiasi door to door. 

Selain itu, kata Suaryani, sosialisasi juga digencarkan di pusat keramaian seperti pasar dan pusat keramaian lainnya. Mengajak duta demokrasi Tabanan bersosialisasi tatap muka, pemasangan spanduk ajakan memilih di seluruh desa di Kabupaten Tabanan, hingga kegiatan woro-woro masuk banjar. "Nah kegiatan woro-woro ini efektif sekali kita rasakan. Karena sosialisasi ini mengena langsung ke masyarakat. Begitu kita datang masyarakat keluar mendengarkan," beber Suaryani. 

Menurutnya, woro-woro menarik pemilih ini dilakukan menyasar sesuai dapil daerah pemilihan). Bahkan kegiatan woro-woro ini juga dikawal oleh pihak keamanan dalam hal ini Polres Tabanan dan Kodim 1619 Tabanan. "Woro-woro kita bagi tim dengan habiskan waktu empat hari. Hal ini sangat efektif. Kita harapkan 85 persen ini tembus," tandas Suaryani. des

Komentar