nusabali

Damkar Jembrana Evakuasi Ular Sanca Sepanjang 2 Meter

  • www.nusabali.com-damkar-jembrana-evakuasi-ular-sanca-sepanjang-2-meter

NEGARA, NusaBali - Petugas Pemadam Kebakaran Satpol PP Jembrana mengevakuasi seekor ular sanca sepanjang 2 meter, Senin (12/2) pagi. Ular sanca itu diamankan dari semak-semak dekat pemukiman warga di Jalan Matahari, Lingkungan/Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Satpol PP Jembrana I Kadek Rita Budhi Atmaja, mengatakan ular sanca tersebut tepatnya ditemukan di sebuah lahan kosong di sebelah rumah warga bernama I Gede Teguh, 30. Ular itu ditemukan oleh salah seorang warga yang sedang menyabit rumput.

“Ditemukan sekitar pukul 10.00 Wita. Melihat ada ular itu, warga yang melihat pertama kali langsung meminta tolong kepada warga sekitar untuk menangkapnya. Namun karena gagal ditangkap, pemilik rumah (I Gede Teguh) langsung menghubungi Damkar Jembrana,” kata Budhi Atmaja. 

Petugas Damkar yang datang ke lokasi kejadian langsung melakukan evakuasi ular tersebut. Ular sanca sepanjang 2 meter dengan berat 4,8 kilogram itu berhasil dievakuasi dalam waktu sekitar 20 menit. "Ularnya diamankan ke Mako Damkar Jembrana dan kami serahkan ke petugas BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam),” ujar Budhi Atmaja. 

Budhi Atmaja mengatakan, selama musim hujan ini cukup banyak laporan temuan ular yang di kawasan pemukiman warga. Selama dua bulan terakhir, Januari hingga Februari 2024, petugas Damkar Jembrana telah menangani sebanyak 20 laporan hewan liar. 

Hewan liar yang paling banyak ditangani adalah ular dengan jumlah 11 laporan. Kemudian ada penanganan anjing sejumlah 2 laporan, tawon sejumlah 4 laporan, dan biawak sejumlah 3 laporan. “Kami harap selalu berhati-hati. Jika menemukan hewan liar yang membahayakan, bisa segera hubungi Damkar Jembrana,” ucap Budhi Atmaja. 7 ode

Komentar