nusabali

Tarung Derajat Gembleng Fisik Atlet PON

  • www.nusabali.com-tarung-derajat-gembleng-fisik-atlet-pon
  • www.nusabali.com-tarung-derajat-gembleng-fisik-atlet-pon

DENPASAR, NusaBali - Pengurus Provinsi Keluarga Besar Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Bali terus menggembleng 10 atlet Bali yang lolos PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara, September mendatang. Latihan tersebut difokuskan pada fisik selama sebulan ke depan.

Pelatih Tarung Derajat Bali, Gede Sutariayasa mengungkapkan, setelah training center (TC) sejak pertengahan Januari lalu, pihaknya terus memberikan pelatihan mendasar kepada 10 atlet itu.  Setelah hampir berjalan sebulan, kini memasuki tahapan penggemblengan fisik. 

"Baru tadi (Minggu,red) mulai latihan fisik. Ini akan kita lakukan hingga akhir maret. Jadi, saat ini fokus pada fisik terlebih dahulu," kata Sutariayasa, Minggu (11/2)

Menurutnya, para atlet menjalani latihan out door mulai lari jarak jauh dan berbagai macam penempaan fisik lainnya. Selain itu, juga akan dikombinasikan dengan latihan di Gym untuk memaksimalkan kekuatan para atlet. 

"Dalam sebulan ke depan, kita fokus lari. Tentunya dikombinasikan latihan gym sampai akhir Maret. Ini dilakukan setiap minggu," kata pria yang akrab disapa Kang Gede ini.

Setelah latihan fisik, pada akhir Maret nanti akan dikombinasikan dengan teknik. Sehingga, fisik dan teknik para atlet ini dalam kondisi yang prima dan siap memberikan yang terbaik untuk Bali. Tak hanya itu, atlet para juga akan dengan taktik yang diawasi langsung para pelatih.

"Untuk lari ini rutin dilakukan sebulan lebih. Setelah itu dikombinasikan lagi dengan teknik dan taktik. Tentunya kami terus memantau perkembangan atlet ini hingga nantinya masuk Pelatda KONI," kata Kang Gede.

Para atlet Tarung Derajat ini menjalani TC sejak 17 Januari lalu. Dalam TC itu, para atlet berlatih tiga kali dalam sepekan, yakni Selasa, Jumat dan Minggu dan berpusat di GOR Lila Buana, Denpasar. 

Pemusatan latihan yang digelar Pengprov Kodrat Bali ini untuk memaksimalkan potensi atlet sebelum masuk Pelatda. Sesuai jadwal Pelatda pada Juli nanti, semua atlet dalam keadaan siap, baik secara fisik, teknik dan taktik. dar

Komentar