nusabali

BPBD Gianyar Kewalahan Tangani Bencana Pohon Tumbang

Harapkan Partisipasi Masyarakat Bantu Evakuasi

  • www.nusabali.com-bpbd-gianyar-kewalahan-tangani-bencana-pohon-tumbang

GIANYAR, NusaBali - Pohon tumbang, tanah longsor, dan banjir terjadi hampir bersamaan setelah hujan deras mengguyur wilayah Gianyar, Sabtu (10/2) malam.

Tim Reaksi Cepat (TRC) Regu A sampai D BPBD Kabupaten Gianyar kewalahan melakukan evakuasi. Tim prioritaskan penanganan bencana yang membahayakan nyawa dan menutup akses jalan. 

Pohon tumbang yang tidak menutup akses jalan diharapkan partisipasi masyarakat setempat untuk membantu evakuasi. 

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gianyar Ida Bagus Putu Suamba mengatakan, penanganan pohon tumbang dilakukan sejak Sabtu (10/2) hingga Minggu (11/2). Pasukan BPBD non stop membuka akses jalan Raya Sebali, Desa Keliki, Kecamatan Tegallalang yang tertutup material longsor. 

Evakuasi hingga pukul 05.20 WITA. Tim lain mengevakuasi pohon tumbang di Jalan Raya Campuhan, Kecamatan Ubud. Pohon tumbang menutup badan jalan dan menimpa bangunan Hotel Campuhan milik mantan Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati. “Penyebab kejadian diduga akar pohon lapuk,” ungkap Suamba. 

Tidak ada korban jiwa dari musibah itu, namun arus lalu lintas di kawasan wisata Ubud sempat macet. Hadir bersama TRC BPBD Gianyar, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Camat Ubud, Polsek Ubud, dan tim dari PUPR Provinsi Bali. Upaya yang dilakukan dengan pemotongan dan pembersihan pohon tumbang. 

Armada yang digunakan yakni kendaraan double cabin, 3 chainsaw besar, 1 chainsaw menengah, dan 2 chainsaw kecil. “Sekitar pukul 20.00 WITA jalan kembali lancar. Sisa pohon di atas bangunan kami lanjutkan keesokan harinya karena memerlukan sky life,” jelas Suamba. 

Selanjutnya penanganan tanah longsor di Desa Keliki, BPBD Gianyar mendatangkan alat berat. “Di Keliki, sekitar pukul 03.50 WITA akses jalan sudah terbuka,” jelasnya. Selain dua bencana tersebut, sederet laporan pohon tumbang diterima dalam waktu hampir bersamaan. 

Di antaranya pohon tumbang menghalangi akses jalan raya Banjar Penestanan Kelod, Desa Sayan, Kecamatan Ubud yang sudah dapat ditangani regu D. 

“Kami sampaikan terimakasih kepada warga dan Polsek Blahbatuh yang mengevakuasi pohon tumbang di Jalan Udayana. Kami sangat harapkan partisipasi masyarakat untuk melakukan evakuasi, minimal menggeser batang pohon jika tumbangnya ke badan jalan agar arus lalin bisa lancar,” ungkap Suamba. 7 nvi

Komentar