nusabali

Cegah Kanker Serviks, Gaya Hidup Harus Diubah

  • www.nusabali.com-cegah-kanker-serviks-gaya-hidup-harus-diubah

PENCEGAHAN kanker serviks bisa dilakukan semua wanita mulai dari usia muda hingga usia produktif mulai dari vaksinasi hingga perubahan gaya hidup.

Dalam laman Hindustan Times yang dilansir dari antaranews, Jumat (2/2), Dr Mamatha Shriyan, Konsultan – Ginekologi di Rumah Sakit SRV di Goregaon Mumbai, merekomendasikan perubahan gaya hidup untuk membantu mencegah kanker serviks.

"Menjaga gaya hidup sehat dengan pola makan seimbang kaya buah dan sayur, olahraga teratur, dan berat badan yang sehat juga dapat berkontribusi menurunkan risiko kanker serviks," katanya.

Tak hanya itu, mempromosikan praktik seksual yang aman adalah aspek penting lainnya dalam pencegahan kanker serviks. Penggunaan kondom secara konsisten dapat mengurangi risiko penularan HPV.

Dia menjelaskan, meskipun individu yang aktif secara seksual hanya dengan satu pasangan masih dapat tertular virus HPV penyebab kanker serviks, namun risikonya dapat dikurangi dengan tetap melakukan monogami.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah menghindari makanan olahan, karbohidrat olahan, lemak, daging merah, batasi konsumsi alcohol. Dan aktif secara fisik dengan olahraga 30 menit minimal 5 kali seminggu.

Merokok merupakan faktor risiko signifikan lainnya terhadap kanker serviks. Racun dalam asap tembakau dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan merusak DNA sel, yang keduanya dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan kanker.

"Berhenti merokok dapat secara signifikan mengurangi kemungkinan terkena kanker serviks dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan," ujarnya.

Konsultan Ginekolog dan Ahli Obstetri di Rumah Sakit Umum Bhailal Amin Dr Sonia Golani mengatakan vaksin HPV (vaksin Human Papilloma Virus) menurunkan risiko terkena kanker serviks. Vaksinasi harus dimulai pada anak perempuan berusia 9 tahun ke atas di mana 2 dosis sudah cukup hingga usia 13 tahun.

Setelah 13 tahun, diperlukan 3 dosis vaksin. Idealnya diberikan sebelum debut seksual hingga usia 23 tahun. Dan dari 23 tahun hingga 45 tahun dapat diberikan namun efektivitasnya kurang baik.

Dr Sonia Golani mengatakan pap smear juga jadi tes skrining yang baik untuk mendeteksi dini serviks. Tes ini dapat mengidentifikasi lesi prakanker 5-10 tahun sebelum timbulnya keganasan. Tes sederhana yang dilakukan berdasarkan OPD. Dokter kandungan mengambil potongan serviks dan mengirimkannya ke laboratorium untuk dipelajari selnya.

Dengan tes pap smear, bisa melihat apakah ada infeksi HPV yang memang sudah ada, atau ada perubahan pada mukosa atau lapisan serviks dan membantu mendiagnosis kanker serviks sejak dini. Pemeriksaan dini membantu dokter mendiagnosis kanker serviks pada usia dini dan membantu kita menyembuhkan kanker secara menyeluruh.

"Kanker serviks dapat dimulai pada usia 30 tahun dan berlanjut setiap 2-3 tahun hingga usia 65 tahun. Maka untuk mengurangi risiko kanker serviks, jaga dan pola makan sehat, tanyakan kepada dokter tentang vaksinasi HPV, lakukan pap smear secara rutin, lakukan hubungan seks yang aman dan berhenti merokok," kata dr Sonia. 7

Komentar