nusabali

Penyaluran Bantuan Pangan di Denpasar Sasar 4.562 KPM

  • www.nusabali.com-penyaluran-bantuan-pangan-di-denpasar-sasar-4562-kpm

DENPASAR, NusaBali - Sebanyak 4.562 keluarga di Kota Denpasar sebagai keluarga penerima manfaat (KPM) di 2024. KPM ini naik dari tahun 2023 yang hanya 4.426 KPM. Penyaluran KPM sudah berlangsung sejak 31 Januari 2024.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar Ida Bagus Mayun Suryawangsa, Senin (5/2), mengatakan penyaluran bantuan pangan sudah berlangsung sejak 31 Januari lalu. Hingga saat ini penyaluran masih berlangsung. “Hari ini masih berlangsung di Denpasar Barat dan Denpasar Selatan,” katanya.

Tahun ini, menurut Ida Bagus Mayun, penerima bantuan pangan bertambah dibandingkan tahun sebelumnya (2023). Tahun ini diterima oleh 4.562 KPM sedangkan tahun lalu hanya 4.426 KPM.

Namun dari sisi jumlah yang didapatkan, masih sama yakni masing masing 10 kilogram beras per bulan. Bantuan pangan ini direncanakan akan disalurkan hingga Maret mendatang. Namun jika ada perintah lebih lanjut untuk memperpanjang waktu penyaluran, akan ditambah hingga Juni.

Ida Bagus Mayun mengatakan, penyaluran bantuan pangan ini diharapkan mampu meredam harga beras yang mengalami lonjakan saat ini. Terlebih jelang beberapa hari raya yang akan datang dalam waktu dekat.

Untuk diketahui, harga beras saat ini telah mencapai Rp 16.000 per kilogram untuk jenis premium dan Rp 15.000 per kilogram untuk jenis medium. Kenaikan harga beras di pasaran berlangsung secara bertahap yang disinyalir akibat minimnya produksi petani.

Meski demikian, pasokan beras di pasaran masih tetap lancar. Dirut Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar Ida Bagus Kompyang Wiratana belum lama ini mengatakan, tidak ada kelangkaan stok beras di pasaran. Namun diakuinya, harga tinggi sudah terjadi dari tingkat petani. 7 mis

Komentar