nusabali

Desa Adat, Kelurahan, dan LPM Jimbaran Susun Program Kerja

  • www.nusabali.com-desa-adat-kelurahan-dan-lpm-jimbaran-susun-program-kerja

MANGUPURA, NusaBali - Dalam rangka menyusun program kerja, pihak desa adat, kelurahan, dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Jimbaran menggelar rapat koordinasi (rakor) di InterContinental Bali Resort, Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Jumat (2/2) siang. Hasil dari rakor tersebut diharapkan menjadi dasar perencanaan pembangunan infrastruktur, sumber daya manusia, dan sumber daya alam di wilayah tersebut.

Rakor dihadiri 70-an peserta, terdiri dari prajuru desa adat, perangkat kelurahan, serta tokoh-tokoh masyarakat Jimbaran. Mereka semua turut aktif dalam membahas rencana pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

Ketua LPM Kelurahan Jimbaran I Made Dharmayasa, mengatakan jika tujuan utama dari rakor ini adalah menyusun program kerja yang dapat menjadi panduan pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat Jimbaran. Program kerja ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk pengembangan infrastruktur, peningkatan sumber daya manusia, dan pemanfaatan sumber daya alam dengan optimal.

“Tujuan menyusun program kerja desa adat dan Kelurahan Jimbaran secara menyeluruh akan digunakan sebagai blueprint pembangunan infrastruktur, sumber daya manusia dan sumber daya alam yang bermanfaat bagi masyarakat desa dan Kelurahan Jimbaran yang tentunya untuk menambah pemasukan kita di desa,” ujarnya.

Salah satu poin penting yang dibahas dalam rakor adalah adanya bantuan dana sebesar Rp 10 miliar dari Pemkab Badung untuk setiap kelurahan di Jimbaran. Made Dharmayasa menyampaikan harapannya bantuan dana ini dapat menjadi pendorong bagi pembangunan di Kelurahan Jimbaran.

“Dana itu akan kami pakai untuk peningkatan skill tenaga kerja, pelatihan-pelatihan, dan pembangunan infrastruktur. Melalui dana ini kami berharap Pemkab Badung dapat memberikan bimbingan teknis terkait pengelolaan dana agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari, sehingga pembangunan di Kelurahan Jimbaran bisa terlaksana secara optimal,” harapnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa, mengapresiasi kegiatan penyusunan program kerja tersebut. “Saya mendukung dan memberikan apresiasi daripada kegiatan penyusunan program kerja ini, karena juga merupakan kegiatan yang positif untuk meningkatkan peran serta dalam membangun di wilayah Jimbaran ke depan yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Adi Arnawa juga menilai jika kegiatan tersebut merupakan bagian dari proses yang akan direncanakan oleh desa adat maupun Kelurahan Jimbaran untuk membangun potensi yang ada di wilayah Jimbaran. “Seiring dengan momentum kita sedang menata pantai di Jimbaran, saya berharap dari penataan yang dilakukan nanti ada satu potensi yang akan diperoleh masyarakat Jimbaran. Harapan kami terjadi pertumbuhan ekonomi yang akan terus meningkat di Jimbaran,” kata Adi Arnawa. 7 ol3

Komentar