nusabali

Pemkab Klungkung Launching Aplikasi Srikandi

  • www.nusabali.com-pemkab-klungkung-launching-aplikasi-srikandi

SEMARAPURA, NusaBali - Sekda Klungkung Anak Agung Gede Lesmana melaunching aplikasi Srikandi (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi) di ruang vicon (video conference) Kantor Bupati Klungkung, Kamis (1/2).

Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung I Komang Gde Wisnuadi mengatakan, aplikasi Srikandi untuk menerapkan keseragaman dalam pengelolaan arsip di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkab Klungkung. “Kami telah memberikan pelatihan kepada para admin aplikasi Srikandi selama 2 hari,” ujar Wisnuadi.

Aplikasi Srikandi ini diharapkan dapat mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik. Aplikasi ini sebagai bagian dari pelaksanaan Perpres Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Dengan aplikasi ini nantinya dapat menyimpan dokumen-dokumen penting dalam sistem pemerintahan seperti nota pembayaran. Arsip juga harus dikelola dengan baik, mulai dari penciptaan, pengelolaan, pengamanan, dan penyusutan arsip sesuai dengan kaidah norma pengelolaan kearsipan.

Plt Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia, Imam Gunarto dalam video zoom menyampaikan dalam aplikasi Srikandi setiap informasi berbasis analog dan digital akan dapat terekam dengan baik. Sehingga menjadi bukti akuntabilitas dan memori kolektif bangsa. Aplikasi Srikandi untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan transparan melalui pengelolaan arsip yang otentik dan terpercaya.

Sambutan Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika yang dibacakan Gung Lesmana menyampaikan, setelah launching agar aplikasi ini segera dijalankan serta diimplementasikan oleh setiap perangkat daerah. Srikandi untuk mewujudkan e-government berbasis teknologi serta tata kelola pemerintah yang bersih, efektif, transparan, akuntabel, berkualitas, dan terpercaya dalam mendukung Klungkung yang unggul dan sejahtera. 7 wan

Komentar