nusabali

Bangun Toleransi Antarumat Beragama, Mardi Soemitro Usung ‘Gerakan Sosial Masyarakat Tanpa Sekat’

  • www.nusabali.com-bangun-toleransi-antarumat-beragama-mardi-soemitro-usung-gerakan-sosial-masyarakat-tanpa-sekat

DENPASAR, NusaBali.com - Calon Legislatif (Caleg) DPRD Provinsi Bali yang diusung Partai Gelora Indonesia DPW Bali pada Pemilu 2024 Mardi Soemitro menyiapkan sejumlah program untuk memajukan kehidupan bertoleransi di Bali. Mardi mengusung semangat ‘Gerakan Sosial Masyarakat Tanpa Sekat’.

Mardi menyebut toleransi di Bali khususnya di Kota Denpasar mengalami penurunan akibat ulah sejumlah oknum. Karena itu program-program yang diusungnya ingin merangkul seluruh golongan dan agama yang ada di Kota Denpasar dan Bali pada umumnya. 

“Ini sangat penting karena Denpasar adalah heterogen,” sebutnya dalam acara silaturahmi dengan ulama dan tokoh Bali, di Denpasar, Rabu (31/1/2024) malam.  

Adapun program-program tersebut, yakni membantu pelaku UMKM dengan modal usaha Rp1.000.000 lengkap dengan gerobak usaha dan pendampingan. Selain itu, Mahdi yang merupakan seorang pengusaha juga membuat program ATM beras, dengan membagikan beras kepada warga yang kurang mampu. Bagi-bagi beras gratis ini sudah dilakukan di 15 titik di Kota Denpasar. 

Bendahara MUI Bali ini juga mempunyai program dalam bidang kesehatan dengan membantu pembayaran iuran BPJS Kesehatan warga kurang mampu. 

Mardi menuturkan, program yang dibawanya telah dilakukan sejak tahun 2020, setelah melihat banyaknya warga yang terdampak pandemi Covid-19. Program-program ini dilakukannya bekerja sama dengan Pemerintah Kota Denpasar, Provinsi Bali, desa adat, dan lembaga lintas agama lainnya. 

Ia menegaskan bantuan diberikan tidak hanya kepada warga muslim namun juga warga non muslim. Menurut Mahdi perbedaan di antara keduanya hanya terjadi dalam ranah Ketuhanan dan ibadah. Di luar itu antarumat beda agama dapat saling berkolaborasi. 

“Saya sudah keliling di 470 titik se-Kota Denpasar. Saya bergerak di lintas golongan lintas agama masyarakat di Denpasar. Kami ingin menunjukkan keberadaan kami bisa memberi manfaat untuk Denpasar untuk Bali agar terjaga dalam rangka penguatan toleransi,” jelasnya. 

Sementara itu Sekretaris DPW Partai Gelora Indonesia Bali H Turmudi mengatakan Mardi Soemitro merupakan salah satu tokoh potensial membawa aspirasi masyarakat di Bali. Ia menargetkan Mardi dapat lolos menjadi anggota DPRD Bali dari Dapil Denpasar. 

“Partai Gelora yang berasaskan Pancasila, kita sangat membuka seluas-luasnya untuk bersama-sama bergandengan tangan membangun Bali,” ujarnya. 

Komentar