nusabali

Pascahujan Deras, Pohon Bertumbangan

  • www.nusabali.com-pascahujan-deras-pohon-bertumbangan

BANGLI, NusaBali - Pohon tumbang terjadi di Desa Songan dan Desa Belanga, Kecamatan Kintamani, Bangli, Kamis (25/1). Pohon tumbang terjadi pasca wilayah setempat dilanda hujan deras. Sementara proses evakuasi pohon – pohon itu baru bisa dilakukan pada Jumat (26/1) kemarin.

Kepala BPBD dan Damkar Bangli I Wayan Wardana, mengatakan pohon tumbang berlokasi di jalan jurusan Celok menuju Kayupadi, Desa Songan, Kintamani. Pohon berdiameter 70 centimeter tersebut menimpa kabel milik PLN dan juga melintang di jalan yang menghambat lalu lintas.

Kata dia, masyarakat sekitar telah melakukan upaya pembersihan hingga Kamis malam. "Karena ada kabel listrik, masyarakat melakukan koordinasi dengan PLN, untuk perbaikan jaringan listrik," jelasnya.


Kepala BPBD asal Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli ini menyebutkan jika evakuasi material pohon tumbang dilanjutka pada Jumat pagi dengan melibatkan tim reaksi cepat, dan masyarakat.

Ditambahkan, musibah pohon tumbang akibat cuaca buruk juga terjadi di wilayah Desa Belanga, Kecamatan Kintamani. Pohon tumbang melintang di jalan raya, sehingga mengakibatkan akses masyarakat terganggu. Kemudian, untuk penanganan juga sudah dilakukan oleh Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas setempat, dibantu aparat desa dan masyarakat.

"Mengingat situasi cuaca ekstrem, kami mengimbau masyarakat agar selalu waspada dan upayakan pengelolaan risiko bencana. Ikuti imbauan Pemerintah (BMKG, BNPB, BPBD)," kata mantan Camat Bangli ini. 7esa

Komentar