nusabali

Sempat Sembunyi di Balkon Hotel, Berontak Saat Diamankan

Drama Penangkapan Bule asal Amerika Serikat yang Diduga Aniaya Karyawan Vila

  • www.nusabali.com-sempat-sembunyi-di-balkon-hotel-berontak-saat-diamankan

Saat ditemukan, pelaku berusaha kabur dengan melompat dari balkon lantai 3 ke lantai 2 hotel. Tetapi petugas dengan sigap dapat mengamankan pelaku

GIANYAR, NusaBali
Warga negara asing (WNA) asal Amerika Serikat (AS) yang diduga menganiaya karyawan Villa Kailash di Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Rabu (24/1) sore, berhasil ditangkap jajaran Sat Reskrim Polres Gianyar. Pelaku yang diketahui bernama Michael ZA,28, ini ditangkap di sebuah hotel Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Kamis (25/1) malam.

Penangkapan bermula dari informasi yang didapat Tim Opsnal bahwa pelaku berada di wilayah Sanur, Denpasar. Dalam penyisiran di wilayah Sanur, tim kemudian mendapat informasi bahwa pelaku sudah kabur ke arah Nusa Dua, Badung. Tim opsnal yang dipimpin oleh AKP M Gananta kemudian meluncur ke Nusa Dua dan mendapatkan informasi pelaku ada di salah satu hotel di kawasan Nusa Dua.

Saat ditemukan, pelaku berusaha kabur dengan melompat dari balkon lantai 3 ke lantai 2 hotel. Tetapi petugas dengan sigap dapat mengamankan pelaku. "Pada saat akan diamankan, pelaku sempat melakukan perlawanan. Kasat Reskrim sempat terkena pukul dari pelaku," ungkap Kapolres Gianyar, AKBP I Ketut Widiada saat dikonfirmasi pada, Jumat (26/1).

Dari Nusa Dua pelaku langsung dibawa ke Mapolres Gianyar untuk dilakukan pemeriksaan. Dijelaskan juga, saat akan dilakukan penangkapan, pelaku bersama dengan teman perempuannya. Petugas sempat bertanya kepada teman perempuan pelaku, tetapi katanya bukan kamar pelaku. "Berkat kejelian tim, pelaku berhasil ditemukan bersembunyi di balkon," kata AKBP Widiada. Untuk sementara, Michael ZA akan ditempatkan di ruang khusus sambil menunggu utusan dari pihak Konjen AS di Bali. "Kami memberikan kesempatan pelaku untuk didampingi lawyernya," ujar AKBP Widiada.

Sementara Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan mengungkapkan berdasarkan penyelidikan, pemeriksaan barang bukti dan saksi-saksi, WNA tersebut diamankan, Kamis malam pukul 22.00 Wita oleh tim jajaran Satreskrim Polres Gianyar di sebuah hotel di Nusa Dua, Badung. Penangkapan itu usai video diduga penganiayaan yang dilakukan oleh WNA asal Amerika itu menjadi perbincangan banyak orang di media sosial. "Penangkapan dilakukan berdasarkan dugaan penganiayaan yang dilakukan pelaku WNA berkewarganegaraan AS. Saat ini pelaku masih dalam proses pemeriksaan lebih lanjut di Mapolres Gianyar," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya video aksi pemukulan terhadap Dewa Gede Widiada,50, karyawan Villa Kailash di Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Rabu (24/1) sore oleh seorang warga negara asing (WNA) yang terekam CCTV dan viral di media sosial. Bule laki-laki ini tampak melayangkan bogem mentah kepada seorang karyawan vila.

Foto: Villa Kailash di Desa Kemenuh, Kamis (25/1). -DOK.NUSABALI

Informasi dihimpun, aksi pemukulan diduga terjadi ketika karyawan vila itu hendak mengkonfirmasi keberadaan sepeda motor yang dipinjam oleh pelaku. Sebab sebelumnya, pelaku meminjam sepeda motor, namun datang kembali ke vila tanpa motor, melainkan dengan menyewa taksi online. Namun tiba-tiba saja bule tersebut mengamuk dan melayangkan pukulan terhadap karyawan vila. Akibat pemukulan tersebut gigi korban copot, sementara pelaku langsung melarikan diri dengan berjalan kaki keluar vila lengkap dengan menggendong beberapa buah tas.

Tak terima atas tindak kekerasan yang dialami, karyawan vila itu pun melaporkan kasus ini ke Polsek Sukawati, Rabu malam pukul 20.00 Wita. Polsek Sukawati di-back up Polres Gianyar sedang memburu keberadaan WNA yang informasinya asal Amerika yang diduga menganiaya seorang karyawan vila itu.

Belakangan diketahui tamu villa itu merupakan warga negara Amerika bernama Michale ZA, 28,yang masuk ke Indonesia menggunakan paspor turis pada tanggal 15 Januari 2024 dan rencana keluar Indonesia pada tanggal 9 Februari 2024. Dia dan teman-temannya sempat menginap di Villa Kailash, Desa Kemenuh, Sukawati selama 3 hari sebelum terjadi penganiayaan tersebut. 7 nvi

Komentar