nusabali

30 SMK di Bali Timur Ikuti SMK Fest 2024

  • www.nusabali.com-30-smk-di-bali-timur-ikuti-smk-fest-2024

AMLAPURA, NusaBali - SMK Festival 2024 untuk menjaring bakat-bakat siswa di Bali Timur, meliputi Bangli, Klungkung dan Karangasem,  melibatkan 30 SMK pada 29 - 31 Januari 2024, di SMKN 4 Bangli. Kasek SMKN 4 Bangli I Wayan Suparta memaparkan hal itu di sela-sela kunjungannya di SMKN 1 Amlapura, Jalan Veteran, Amlapura, Rabu (24/1).

Kedatangannya ke SMKN 1 Amlapura, kata Suparta, untuk berkoordinasi dengan Kasek SMKN 1 Amlapura I Wayan Artana juga Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMK Negeri di Karangasem. "Kami datang mohon dukungan baik sekala maupun niskala, dengan harapan tidak ada hambatan secara teknis dan non teknis," harapnya.

Kasek SMKN 1 Amlapura I Wayan Artana didampingi Wakasek Humas I Gede Subrata, mengaku siap mendukung SMK Festival 2024, yang pertama kali dilaksanakan. SMK Festival itu, bukan saja sebagai ajang mengasah bakat siswa, juga ajang memperluas persaudaraan antar pengelola SMK di Bali. Juga sebagai studi banding sejauh mana pemetaan kualitas pendidikan di Bali. "Kami akan mengikuti semua jenis kegiatan di festival," jelas I Wayan Artana yang juga Baga Parahyangan Desa Adat Bugbug, Kecamatan Karangasem.

Jenis kegiatan itu, di antaranya, ekspo kreativitas SMK dengan melaksanakan gelar karya anak bangsa berkolaborasi dengan industri, ekspo akan menyajikan produk-produk unggulan hasil inovasi siswa. Festival lomba seni siswa nasional (FLS2N) SMK se-Bali, lomba kompetensi siswa nasional (LKSN) SMK se-Bali, lomba festival inovasi dan kewirausahaan siswa Indonesia (FIKSI) SMK se-Bali, dan lain-lain.

Tujuan festival itu, katanya, memberikan kesempatan kepada sekolah-sekolah dan peserta didik SMK mengembangkan kompetensi kewirausahaan serta talenta di bidang seni dan olahraga. Selain itu,  penguatan sinergi antara pemerintah daerah dengan dunia industri, dalam meningkatkan daya saing dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

"Kegiatan juga untuk menggali potensi, mengembangkan kreativitas, menumbuhkan semangat peserta didik SMK," jelas Artana. Peserta SMK Festival 2024 di Bali, yakni dari Bangli 12 SMK, Klungkung 6 SMK dan Karangasem 12 SMK.

Kasek SMK Widya Wisata Graha Amlapura Ni Nyoman Supadmi mengaku siap mengikuti festival. "Kami telah melakukan pembinaan kepada siswa-siswa yang bisa diandalkan dalam lomba, secara teknis tidak ada hambatan," jelas Supadmi.

Kata dia, SMK Festival itu serentak dilaksanakan di Bali, di beberapa tempat, yakni di SMKN 1 Kuta Selatan, pesertanya 29 SMK se-Badung, di SMKN 2 Negara pesertanya 14 SMK dari Tabanan dan 9 SMK dari Jembrana, di SMKN 3 Singaraja pesertanya 26 SMK se-Buleleng, di SMKN 3 Denpasar pesertanya 34 SMK se-Denpasar dan di SMKN 1, SMKN 2 dan SMKN 3 Sukawati Gianyar pesr5tanya 27 SMK se-Gianyar.7k16

Komentar