nusabali

Golkar Bidik 6 Kursi DPRD Klungkung

  • www.nusabali.com-golkar-bidik-6-kursi-dprd-klungkung

SEMARAPURA, NusaBali - DPD II Partai Golkar Klungkung akan tarung all out dalam Pemilu 2024 mendatang dengan target minimal 6 kursi (20 persen,red) dari total 30 kursi DPRD Klungkung. Jika target 6 kursi terpenuhi, Golkar Klungkung akan bisa mengusung calon secara mandiri (tanpa koalisi,red) dalam Pilkada Klungkung 2024.

Selain membidik 6 kursi DPRD Klungkung, Golkar juga berambisi merebut kembali 1 kursi DPRD Bali di dapil Klungkung yang lenyap pada Pileg 2014. Terakhir, Golkar Klungkung menempatkan 1 orang wakilnya di DPRD Bali dari dapil Klungkung yakni Tjokorda Gde Ngurah (almarhum,red) pada Pileg 2009. 

Namun pada Pileg 2014 dan Pileg 2019, Golkar gagal mempertahankan kursi DPRD Bali dapil Klungkung. Pada Pileg 2019, jatah 3 kursi DPRD Bali di dapil Klungkung, sebanyak 2 kursi direbut PDI Perjuangan dan 1 kursi disapu Gerindra. PDIP meloloskan 2 caleg kuatnya yakni Tjokorda Gde Agung dan Ni Luh Kadek Dwi Yustiawati. Sementara Gerindra meloloskan Ketut Juliarta.

Ketua DPD II Golkar Klungkung, Luh Komang Ari Ayu Ningrum mengatakan, target perolehan suara dalam Pemilu 2024 yakni minimal 6 kursi dan realistis 7 kursi. Dengan rincian perolehan 2 kursi di Kecamatan Klungkung, 2 kursi Kecamatan Dawan, 1 atau 2 kursi Kecamatan Nusa Penida, dan 1 kursi di Kecamatan Banjarangkan.

Dengan menargetkan 20 persen kursi di DPRD Klungkung tersebut, kata Ningrum, Golkar bisa menggunakan kendaraan sendiri saat Pilkada Klungkung 2024. 

Menurut Ningrum, Golkar sudah menyiapkan figur yang sangat mumpuni untuk tarung Pilkada 2024. “Hampir 25 tahun bupati tidak dari kader Golkar, banyak hal yang sudah dilakukan kepala daerah sebelumnya. Namun, masih banyak juga yang harus dan wajib kita perjuangkan,” ujar Ningrum dalam  jumpa pers di Kantor DPD II Golkar Klungkung, di Jalan Gajah Mada, Kota Semarapura, Kecamatan Klungkung, Senin (22/1). 

Sementara untuk kursi DPRD Bali, Golkar Klungkung optimis memenuhi target perolehan 1 kursi. “Mudah - mudahan target itu bisa tercapai,” ujar Ningrum.

Dalam tarung Pemilu 2024 nanti, Partai Golkar akan mengerahkan kombinasi caleg senior dan caleg muda dengan pola mewakili Klungkung daratan dan Nusa Penida. “Situasi ini sangat kita tunggu-tunggu, kita memiliki keyakinan tetap berjuang maksimal untuk mewujudkan target yang kita peroleh, untuk kepentingan kemajuan Kabupaten Klungkung,” ujar adik dari Ketua Kadin (Kamar Dagang dan Industri) Bali, Made Ariandi ini. 

Untuk memanaskan mesin partai, Golkar akan menggelar kampanye Pemilu 2024 di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Klungkung, pada 27 Januari 2024 mendatang. Kampanye mengambil tema ‘Golkar Reborn’. Dalam kegiatan ini juga akan digelar lomba tembang kenangan, untuk memberikan semangat kepada masyarakat yang memiliki hobi dan minat menyanyi. “Harapannya mengingatkan kembali zaman kejayaan Golkar dulu. Golkar pernah menguasai mayoritas kursi di legislatif maupun kursi eksekutif,” ujar Ningrum.wan

Komentar