nusabali

Polres Gianyar Simulasi Pengamanan TPS

  • www.nusabali.com-polres-gianyar-simulasi-pengamanan-tps

GIANYAR, NusaBali  - Polres Gianyar bersama KPU Kabupaten Gianyar menggelar simulasi pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Lapangan Apel Endra Dharmalaksana Mapolres Gianyar, Senin (22/1) pagi.

Simulasi digelar menjelang coblosan Pemilihan Umum 2024. Kegiatan ini untuk memastikan setiap proses berjalan dengan lancar dan sesuai aturan yang berlaku. Hadir, Kepala Kesbangpolinmas Kabupaten Gianyar I Dewa Gede Putra Amerta, Ketua KPU Gianyar I Wayan Mura, Bawaslu Kabupaten Gianyar, dan PJU Polres Gianyar. 

Kapolres Gianyar, AKBP Ketut Widiada, menjelaskan simulasi pengamanan TPS untuk memastikan kesiapan personel Polres Gianyar melakukan penjagaan selama berlangsungnya Pemilu 2024. Khususnya dalam Operasi Mantap Brata Agung 2024 pada saat pencoblosan di TPS. 


“Simulasi untuk memastikan setiap proses dalam pencoblosan tanggal 14 Februari 2024 berjalan dengan baik, anggota nantinya bisa mengetahui langkah-langkah yang harus mereka lakukan,” ujar AKBP Widiada.

Personel Polres Gianyar ditempatkan di 1.591 TPS di seluruh kecamatan Kabupaten Gianyar. “Kami juga sudah memetakan beberapa TPS yakni rawan 115 TPS, kurang rawan 1.475 TPS, dan khusus 1 TPS di Rutan Gianyar. Ini menjadi dasar kami menempatkan personel kepolisian yang berjaga di ring tiga,” jelas AKBP Widiada. Polres Gianyar juga akan mendapatkan personel perbantuan dari Polda Bali atau BKO untuk menambah pengamanan di setiap TPS di Kabupaten Gianyar.

Ketua KPU Kabupaten Gianyar I Wayan Mura menjelaskan, sinergitas antara KPU Gianyar dengan Polres Gianyar sudah berjalan baik. Khususnya untuk pengamanan pada hari pencoblosan 14 Februari 2024 nanti, “Simulasi untuk nantinya menjadi pedoman kita, bagaimana mengantisipasi adanya gejolak pada saat hari pencoblosan. Kami bekerja sama dengan Polres Gianyar,” ungkap Wayan Mura. 7 nvi

Komentar