nusabali

Bali Ocean Days 2024: Momentum Penyelamatan Lautan

  • www.nusabali.com-bali-ocean-days-2024-momentum-penyelamatan-lautan

MANGUPURA, NusaBali.com - Bali Ocean Days (BOD) Conference Showcase 2024 resmi dibuka pada Jumat (19/1/2024) di Jimbaran Convention Centre, InterContinental Bali Resort Jimbaran, Kabupaten Badung.

Acara yang berlangsung hingga Sabtu (20/1/2024) ini dihadiri oleh pemangku kepentingan konservasi dan pegiat industri terkait lingkungan dan kelautan, sungai dan hutan bakau, dari lingkup akademisi, swasta, pemerintah serta komunitas termasuk organisasi non-laba dan asosiasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Acara perdana BOD 2024 yang bertajuk ‘Exploring Marine Conservation in Indonesia & Beyond’ ini didukung oleh kurang lebih 250 influencers dan opinion leaders dari berbagai komunitas, 30 pembicara dengan beragam latar belakang, serta para exhibitor peserta showcase program sustainability serta media nasional dan internasional.

Upacara pembukaan dipimpin oleh founder dari Yayasan Sky Blue Sea, Paul Tan, dilanjutkan dengan kata sambutan Muh. Irfan Zainul Fikri Direktur Armada Pertamina International Shipping dengan program berSEAnergi untuk Laut yang menjadi inspirasi masa depan kelautan Indonesia.

Dalam sambutannya, Paul Tan mengatakan bahwa ekosistem laut memainkan peran penting dalam melestarikan kehidupan di bumi. Ia juga mendorong lahirnya gerakan sosial untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya mencapai serangkaian tujuan penting bagi masa depan planet biru kita: mengurangi polusi laut dan keasaman laut.

“Bali Ocean Days mendorong lahirnya gerakan sosial, serukan kesadaran akan lingkungan - mengubah janji dan menjadi tindakan nyata.  Untuk masa depan planet biru kita, maka perlu : mengurangi polusi laut dan keasaman laut,” tegas Paul Tan.

Sementara itu, Yoke Darmawan selaku Ketua Komite Pelaksana BOD mengatakan bahwa acara Bali Ocean Days bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya melestarikan ekosistem laut, khususnya di kepulauan Indonesia, yang terkenal dengan kekayaan keanekaragaman hayatinya.

“Tema ini menggarisbawahi komitmen Bali untuk menjadi pemimpin global dalam konservasi laut, menampilkan pendekatan inovatif dan upaya kolaboratif untuk mengatasi tantangan seperti penangkapan ikan berlebihan, polusi plastik, degradasi habitat dan konservasi koral dan keragaman biota laut,” ujar Yoke Darmawan.

Sorotan utama dari acara Bali Ocean Days mencakup diskusi panel yang informatif, lokakarya interaktif, dan pameran praktik berkelanjutan dalam konservasi laut. Peserta mempunyai kesempatan untuk terlibat dengan para ahli, bertukar ide, dan mengeksplorasi strategi yang dapat ditindaklanjuti untuk melindungi lautan kita.

Acara ini merupakan bukti dedikasi Indonesia terhadap pembangunan berkelanjutan, dimana pemerintah memainkan peran utama dalam membina kemitraan dan menerapkan kebijakan yang mendukung konservasi laut. Bali Ocean Days berupaya untuk menginspirasi tidak hanya komunitas lokal tetapi juga komunitas internasional untuk bergandengan tangan dalam menjaga lautan kita untuk generasi mendatang.

Komentar