nusabali

Bangli Dapat Puluhan Miliar Dana BOS

  • www.nusabali.com-bangli-dapat-puluhan-miliar-dana-bos

BANGLI, NusaBali - Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk Kabupaten Bangli, sudah cair, per Rabu (17/1). Hampir seluruh sekolah sudah menerima pencairan dana BOS tersebut. Puluhan miliar rupiah dana BOS digelontorkan untuk menunjang pendidikan di Bangli.

Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikam Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bangli, Ida Bagus Made Mahaarta mengatakan penaciaran dana BOS tahun 2024 ini tergolong lebih cepat. Berkaca dari tahun sebelumnya dana BOS cair bulan Maret. "Dana cair lebih cepat, tentu ini menjadi kabar baik untuk sekolah. Jika sebelumnya pencairan bisa pada bulan tiga, jadi untuk pembiayaan di sekolah biasa harus ditalangi," jelasnya, Kamis (18/1).

Berdasarkan zoom dengan kementerian, untuk pencairan dana BOS dilakukan bergelombang. Namun demikian, untuk sekolah dasar (SD) maupun SMP di Bangli sudah hampir seluruhnya menerima penyaluran dana BOS.

Menurut IB Mahaarta, di Bangli terdapat 164 SD dan 28 SMP. Jumlah siswa SD 21.863 siswa dan SMP 11.315 siswa. "Untuk dana BOS SMP sudah seluruhnya cair ke masing-masing rekening sekolah dan untuk SD sudah 158 SD. Masih tinggal beberapa sekolah saja yang menunggu pencaiaran. Sejatinya rekening sekolah sudah siap seluruhnya," ungkapnya.

Besaran dana BOS Rp 1.050.000 per siswa SD dan Rp 1.280.000 per siswa SMP. Jika dikalkulasi dana BOS untuk SD sebesar Rp 22.956.150.000 dan SMP Rp 14.483.200.000.

Ditambahkan pula, pemanfaatkan dana BOS sudah diatur dalam petujuk pelaksanaan dan petunjuk teknis. Seperti buku siswa, membayar tenaga pengabdi dan menunjang kegiatan sekolah lainnya. Masing-masing sekolah juga melaporkan setiap pemanfaatan dana tersebut. "Kami melakukan pengawasan, dan sekarang lebih mudah dengan penggunaan sistem. Kami minta pelaporan per tri wulan, sehingga tidak sekolah tidam keteteran dalam membuat laporan," ujarnya.7esa

Komentar