nusabali

Ganesha Ek Sanskriti Hadir di Ayodya Resort Bali, Sajikan Masakan India Otentik

  • www.nusabali.com-ganesha-ek-sanskriti-hadir-di-ayodya-resort-bali-sajikan-masakan-india-otentik

MANGUPURA, NusaBali.com – Kunjungan wisatawan India ke Bali sepanjang 2023 melesat hingga 169 persen dari tahun sebelumnya. Bahkan India menjadi penyumbang wisatawan terbesar kedua setelah Australia di Pulau Dewata.

Antusias warga India ke Bali ini bukan sekadar berwisata, melainkan juga menjadikan Pulau Dewata sebagai lokasi perayaan pernikahan warga Negeri Bollywood. 

“Tersedianya penerbangan langsung dan keindahan Bali membuat warga India senang berada di Bali,” ungkap Shiv Dave, Komisaris Ganesha Ek Sanskriti, sebuah restoran yang menyajikan kuliner otentik India. 

Untuk merespons pasar India yang semakin besar, pengusaha kuliner ini pun menambah restorannya di Bali. Setelah sukses membuka di Kuta, Ubud, Sanur dan Sunset Road, restoran yang mengandalkan cita rasa asli India ini dibuka di  Ayodya Resort Bali, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Senin (15/1/2024) malam.

Kini, ada delapan restoran Ganesha Ek Sanskriti di Indonesia yang 3 di antaranya di Jakarta dan 1 di Yogyakarta. “Perkembangan Bali memang yang paling bagus. Respons pasar memang 70 persen dari warga India, namun sejauh ini turis Inggris, Australia dan Amerika juga menjadi pengunjung setia kami,” ujar Shiv Dave di sela-sela opening.

Pembukaan restoran ini dihadiri oleh pelaku pariwisata dan stakeholder pariwisata Bali, serta para tamu undangan dari India. Ganesha Ek Sanskriti merupakan usaha restoran yang sudah puluhan tahun berpengalaman dalam menghadirkan sajian otentik India. Kehadirannya di Indonesia bukan hanya bertujuan memuaskan selera pengunjung, namun juga berbagi esensi sejati India, melalui seni, musik, dan dekorasi.

Menu favorit yang ditawarkan oleh Ganesha Ek Sanskriti antara lain butter chicken (kari ayam), rogan josh (kari kambing), dan chicken biryani (nasi biryani ayam). Selain itu, tersedia juga berbagai kudapan dan dessert khas India seperti pani-puri, samosa, dan kulfi (es krim).

Untuk menjami keotentikan rasa, restoran ini pun memiliki chef yang didatangkan dari India yakni Chef Avtar Rana (Executive Chef) dan Chef Nitesh Singh (Head Chef)

Shiv Dave mengatakan bahwa restoran ini didedikasikan untuk melayani pelanggan, bukan hanya dari sisi makanan yang disajikan, tetapi juga pengalaman mendalam yang menggabungkan cita rasa otentik, hangatnya keramahtamahan, dan suasana budaya yang menghadirkan India ke meja makan.

“Kami mempunyai konsep untuk selalu memberikan makanan yang otentik. Yang kualitasnya sama persis dengan yang ada di New Delhi, Mumbai, atau kota-kota lainnya di India. Chef kami adalah orang-orang profesional yang kami pastikan dapat menyajikan makanan India yang bagus, termasuk dalam pelayanannya,” kata Shiv Dave.

Vineet Mahajan selaku General Manager Ayodya Resort Bali menyambut gembira hadirnya Ganesha Ek Sanskriti. Apalagi di tengah kondisi pasar India yang dinilai terus bertumbuh, terkhusus setelah pandemi Covid-19.

“Seperti diketahui, resort ini bernama Ayodya. Dimana Ayodya merupakan kerajaan dari Rama dan Sinta. Itu sangat terkenal di India. Banyak orang India datang dan ingin mengeksplorasi Bali, dan juga belajar mengenai budaya Bali,” kata Vineet Mahajan.

Menurut Vineet Mahajan, masakan India bukan hanya disukai oleh orang India, melainkan juga disukai oleh banyak orang secara global. Termasuk dari Indonesia, Amerika, Inggris, Australia, dan lain sebagainya.

“Saya berharap hadirnya restoran ini dapat melengkapi keberadaan Ayodya Resort, dan mendatangkan lebih banyak lagi orang, bukan hanya dari India saja. Karena masakan India tidak hanya disukai oleh orang India saja,” ucapnya.

Dengan dibukanya Ganesha Ek Sanskriti, diharapkan dapat semakin memperkaya pilihan kuliner di Bali, khususnya di kawasan Nusa Dua. Selain itu, juga dapat menarik lebih banyak wisatawan dari India untuk berkunjung ke Bali.

Komentar