nusabali

Lompat Tali Bikin Tubuh Kuat dan Senang

  • www.nusabali.com-lompat-tali-bikin-tubuh-kuat-dan-senang

GAYA hidup sehat harus digelorakan dan ditularkan. Tak hanya melalui asupan nutrisi sehat, melainkan juga tubuh yang harus bergerak. Apalagi gaya hidup saat ini, kebanyakan lebih suka duduk berlama-lama, kepala tegak melihat layar laptop, atau kepala tertunduk karena sibuk dengan handphone.

Lompat tali, terlihat seperti bermain yang mengasyikkan. Saat ini, lompat tali masih digunakan untuk sejumlah aktivitas yang berhubungan dengan kebugaran. Bahkan sering dimasukkan sebagai bagian dari latihan intensitas tinggi atau sebagai latihan ketangkasan bagi petinju.

Lompat tali membantu mengkondisikan sendi penahan beban tepatnya di pergelangan kaki, lutut, dan pinggul, sekaligus memberikan latihan yang meningkatkan detak jantung dan dapat dilakukan di rumah.

Terdapat empat manfaat lompat tali yang bagus untuk melatih koordinasi, kebugaran kardiovaskular, serta ketahanan otot dan tulang. 

Pertama, meningkatkan elastisitas tendon kaki. Menurut ahli terapi fisik Sarah Zimmer, PT, DPT, yang dilansir dari antaranews, Senin (8/1/2024), lompat tali dapat membantu meningkatkan elastisitas tendon di kaki yang menopang persendian, seperti tendon achilles di kaki bagian bawah dan di dekat lutut. 

“Tendon ini bekerja seperti pegas, memuat untuk menyimpan energi dan kemudian melepaskannya, dan harus memiliki tingkat kekakuan dan fleksibilitas yang sesuai untuk menyimpan dan kemudian melepaskan energi untuk mendorong,” kata Zimmer kepada livestrong seperti dilansir antaranews.

Kedua, meningkatkan otot tubuh bagian bawah tungkai dan kaki. Ini memerlukan pelatihan untuk meningkatkan daya ledak dan kelincahannya.

Lompat tali dapat membantu melatih otot-otot tersebut untuk mendorong tubuh menjadi lebih kuat dan lebih cepat, yang sangat membantu dalam lari atau olahraga yang memerlukan perubahan kecepatan dan arah dengan cepat, seperti bola basket dan sepakbola, kata Zimmer.

Manfaat ketiga dari lompat tali adalah dapat meningkatkan daya tahan kardiovaskular melalui pelatihan gaya HIIT. “Lompat tali adalah cara yang bagus untuk melatih sistem aerobik dalam waktu singkat jika tidak punya waktu untuk latihan aerobik yang lebih lama, seperti lari,” ujarnya.

Katanya, lompat tali juga bisa menjadi aktivitas yang baik untuk digunakan saat memulihkan atau merehabilitasi cedera di mana Anda belum bisa menoleransi lari, mendaki, atau bersepeda lebih lama.

Terakhir, lompat tali berpotensi lebih menyenangkan dibandingkan olahraga biasa di treadmill atau elips. Hal ini mungkin menghidupkan kembali kenangan indah tentang lompat tali saat masih kecil, dan tantangan untuk mengatur waktu dan koordinasi yang diperlukan agar berhasil lompat tali juga dapat menjadi stimulus mental yang baik.

“Lompat tali membutuhkan waktu dan koordinasi, yang jika Anda tidak yakin dengan kedua hal tersebut, dapat menyebabkan risiko tersandung atau jatuh,” kata Kate Ligler, CPT, pelatih pribadi dan pelatih olahraga ketahanan yang berbasis di Colorado.

Bagi mereka yang kesehatan sendinya terganggu, dampak lompat tali bisa jadi terlalu menantang dan menyakitkan karena gerakan mendarat dan melompat ke atas yang berulang-ulang.

Zimmer menyarankan untuk memulai dari yang kecil dan berkembang secara perlahan. Mulailah dengan lompat tali selama 5 hingga 10 menit secara berkala, dengan interval 30 detik lompat dan 1 menit istirahat hingga waktu habis. Cobalah ini satu atau dua kali seminggu untuk melihat bagaimana tubuh merespons lompat tali. 7

Komentar