nusabali

Selam Berpeluang Raih Tiga Emas

Bahas PON, POSSI Diundang Binpres KONI Bali

  • www.nusabali.com-selam-berpeluang-raih-tiga-emas

DENPASAR, NusaBali - Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (Pengprov POSSI) Bali dipanggil Komite Olahraga Nasional (KONI) Bali pada Kamis (11/1). Pemanggilan ini bagian dari upaya pemeriksaan data dan peluang atlet memberikan hasil terbaik untuk Bali pada PON XXI/2024. Dari total atlet yang lolos PON, POSSI Bali berpeluang meraih tiga emas.

Ketua Umum Pengprov POSSI Bali, Bagus Partha Wijaya membenarkan pemanggilan dari KONI Bali khususnya bagian Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) KONI itu. Menurut dia, pemanggilan itu berkaitan dengan pendataan dan mitigasi awal dari Pengprov POSSI. Ya, ada 17 atlet yang lolos PON 2024 di Aceh dan Sumatera Utara itu. 

"Memang dipanggil memberikan data ke KONI. Semuanya sudah kita serahkan dan jabarkan ke Binpres. Itu semua untuk memberikan gambaran kepada KONI Bali terkait atlet-atlet yang kita miliki," kata Bagus Partha Wijaya, Jumat (12/1).

Dalam pertemuan itu, Partha Wijaya juga menjabarkan semua kemampuan para atlet. Tidak hanya itu, dijabarkan pula daerah yang berpotensi menjadi saingan terberat saat PON XXI/2024 nanti. Pria yang juga berprofesi sebagai Hakim Militer ini mengaku kalau respon dari Binpres KONI Bali sangat positif, karena semua potensi dan peluang atlet Bali dijabarkan secara terbuka serta potensi lawan yang berat ikut dibeberkan. 

Dihadapan anggota Binpres KONI itu, Partha Wijaya juga menjabarkan peluang untuk meraih emas saat PON di Aceh dan Sumatera Utara itu. Adapun peluang emas itu bisa diraih dari tiga nomor yang dipertandingkan. Meski demikian, dia enggan menjabarkan secara terbuka nomor-nomor yang berpeluang meraih emas itu. Saat ini, pihaknya fokus untuk pemusatan latihan atlet agar semua target itu bisa tercapai dan mengharumkan nama Bali. 

"Kita sudah jabarkan semuanya. Termasuk nomor yang berpotensi emas. Ya, ada nanti peluang emas itu. Semoga atlet yang berjuang itu meraih hasil terbaik," kata Partha Wijaya.

Berkaca dari pengalaman PON Papua, atlet selam Bali saat itu meraih enam perak. Namun pada PON tersebut, ada dua kategori yang dilakoni yakni Selam Laut dan Selam Kolam alias Finswimming. Nah, saat PON Aceh dan Sumut mendatang, Pengprov POSSI Bali sudah berfokus pada satu kategori yakni Finswimming saja dan masing-masing nomor dalam kategori itu diikuti oleh 17 atlet yang kini sedang menjalani pemusatan latihan. 

"PON Aceh mendatang fokusnya di Finswimming saja. Kita optimalkan raihan mendali dari sana karena ada banyak nomor yang dipertandingkan," kata Bagus Partha Wijaya, mengakhiri. dar

Komentar