nusabali

TC Selam PON di Kolam Blahkiuh

Tiga Kali Sepekan, Diawasi Pelatih Pengprov POSSI

  • www.nusabali.com-tc-selam-pon-di-kolam-blahkiuh

DENPASAR, NusaBali - Sebanyak 17 atlet selam yang lolos PON XXI/2024 mulai menjalani pemusatan latihan (TC) di Kolam Renang Blahkiuh, Kecamatan Abiansemal, Badung. Latihan dalam TC dilakukan selama tiga kali sepekan dan diawasi langsung pelatih dari Pengprov Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Bali.

Ketua Umum Pengprov POSSI Bali, Bagus Partha Wijaya mengatakan, pemusatan latihan terhadap atlet selam ini mulai dilakukan sepekan lalu dengan lokasi di Kolam Renang Blahkiuh. TC, kata Bagus Partha, dilakukan tiga kali sepekan, yakni tiap Jumat, Sabtu dan Minggu. "Sebenarnya sudah dilakukan sejak akhir 2023. Namun, kita baru dapat melaksanakan pekan lalu. Ini sudah kita pusatkan semuanya di kolam renang Blahkiuh itu," kata Bagus Partha Wijaya, saat dikonfirmasi melalui telepon, Kamis (11/1)

Bagus Partha mengungkapkan, alasan pemusatan latihan yang hanya berlangsung tiga hari dan diawasi langsung pelatih dari Pengprov POSSI ini karena kondisi para atlet tinggal di wilayah yang berbeda. Dari total 17 atlet yang lolos PON, semuanya tersebar di sejumlah kabupaten, seperti Gianyar, Buleleng dan Badung. 

"Karena wilayah cukup jauh, maka diambil waktu tiga hari. Namun, untuk hari-hari biasanya, mereka tetap berlatih secara mandiri dan tentunya tetap diarahkan oleh pelatih kita," kata Bagus Partha.

Bagus Partha tidak memungkiri alasan lebih dulu mengadakan pemusatan latihan ini karena cabor selam harus dipersiapkan jauh hari. Pasalnya, banyak faktor yang harus dilihat dan tingkatkan. Maka, pemusatan latihan oleh Pengprov menempa fisik para atlet. Sehingga saat pemusatan latihan daerah, para atlet selam ini sudah siap secara fisik. 

"Ya saat Pelatda, atlet kita tinggal penyesuaian saja. Semuanya sudah kita tempa sejak saat ini hingga Juni mendatang itu. Kalau baru Juni, tentu waktunya tidak cukup. Maka mulai saat inilah waktunya bagi mereka untuk mengasah kemampuannya," kata Bagus Partha Wijaya.dar

Komentar