nusabali

Palinggih Rong Tiga Terbakar

  • www.nusabali.com-palinggih-rong-tiga-terbakar

GIANYAR, NusaBali - Palinggih Rong Tiga Merajan Pemugeran Gusti Lodpeken, Banjar Lodpeken, Desa Keramas, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar terbakar pada Tilem Kapitu, Buda Umanis Kulantir, Rabu (10/1) pagi. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Pangempon merajan mengalami kerugian Rp 50 juta.

Menurut warga, Ni Wayan Suardani, 32, sumber api diduga berasal dari atap merajan berbahan ijuk. "Saat keluar rumah, saya melihat asap mengepul dari atap Palinggih Rong Tiga," ujarnya. Selanjutnya saksi memberitahukan kejadian itu kepada sejumlah warga. 

Kehebohan itu membuat warga yang rumahnya berdekatan dengan TKP bersama-sama berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya, namun api tidak berhasil dipadamkan. Warga meminta bantuan petugas Pemadam Kebakaran Gianyar. Pemilik rumah lokasi merajan, I Gusti Putu Suamba saat kejadian sedang di sawah. 

Kasatpol PP dan Damkar Gianyar I Made Watha menerjunkan dua unit mobil Pemadam Kebakaran ke TKP dan melakukan pemadaman api dibantu anggota Polsek Blahbatuh, Bhabinsa Keramas, dan warga sekitar. Akhirnya api dapat dipadamkan.

Kapolsek Blahbatuh, Kompol I Made Tama mengatakan, barang-barang yang terbakar yakni  1 unit bangunan Pelinggih Rong Telu atau Kemulan. Kerugian material diperkirakan Rp 50 juta. "Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

Sebab–sebab kejadian belum diketahui secara pasti, diduga disebabkan oleh percikan api dupa seusai sembahyang," jelas Kompol Made Tama. Pihak keluarga menerima kejadian itu sebagai musibah. 7 nvi

Komentar