nusabali

Pohon Beringin di Pura Dalem Jungutbatu Tumbang

  • www.nusabali.com-pohon-beringin-di-pura-dalem-jungutbatu-tumbang
  • www.nusabali.com-pohon-beringin-di-pura-dalem-jungutbatu-tumbang

SEMARAPURA, NusaBali - Pohon beringin setinggi 40 meter berusia ratusan tahun di madya mandala Pura Dalem Desa Adat Jungutbatu, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung tiba-tiba tumbang, Rabu (10/1) siang.

Dahan pohon beringin berdiameter 1,5 meter menimpa candi bentar dan gedong penyimpanan. Candi bentar hancur, sedangkan gedong penyimpanan wastra mengalami kerusakan pada bagian atap. Kerugian ditaksir mencapai Rp 250 juta.

Informasi di lapangan, pohon beringin tumbang sekitar pukul 12.00 WITA. Ketika itu terdengar suara seperti gemuruh, setelah dicek ternyata pohon beringin tumbang.

Kejadian ini langsung dilaporkan ke petugas BPBD Klungkung untuk segera mendapatkan penanganan. Tak berselang lama petugas BPBD bersama Polri/TNI dan krama datang ke pura dan bergotong royong membersihkan dahan pohon. Perbekel Desa Jungutbatu I Made Gede Suryawan mengatakan, pohon beringin di Pura Dalem tumbang karena sudah lapuk termakan usia. "Saat kejadian tidak ada hujan maupun angin kencang, tiba-tiba pohon beringin yang sudah berusia ratusan tahun tumbang," ujar Suryawan.

Usai mengevakuasi dahan pohon, lanjut renovasi atau perbaikan bangunan yang rusak. Merapikan dahan pohon supaya tidak membahayakan. "Kejadian ini menyebabkan kerusakan candi bentar dan bangunan penyimpanan wastra pura, kerugian sekitar Rp 250 juta," ujar Suryawan.

Sebelumnya, hujan deras disertai angin kencang menyebabkan sejumlah pohon tumbang di Klungkung, Senin (8/1) sore. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, pohon tumbang sempat menutup akses jalan. Di antaranya pohon mahoni tumbang dan menutupi akses jalan raya Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan. Pohon kelapa tumbang menutupi akses jalan raya Dusun Takedan, Desa Selat, Kecamatan Klungkung. 7 wan

Komentar