nusabali

Cegah Longsor, Ratusan Pohon Ditanam di Hutan Lindung

  • www.nusabali.com-cegah-longsor-ratusan-pohon-ditanam-di-hutan-lindung

TABANAN, NusaBali - Ratusan pohon ditanam di hutan lindung konservasi wilayah Banjar Mayungan Let, Desa Antapan, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Jumat (5/1). Penanaman ini sebagai bagian dari mengantisipasi longsor saat musim hujan.

Penanaman pohon dilakukan oleh personel Dandim 1619/Tabanan, Polres Tabanan, bersama masyarakat Desa Antapan dalam Kick Off Pelestarian Alam Kodam IX Udayana. Jenis pohon yang ditanam yakni Cepaka, Mangga, Mahoni, Alvokad, dan Sirsak.

Dandim 1619 Tabanan Let Inf Riza Taufik Hazan mengatakan penanaman pohon dilakukan bagian dari pelestarian lingkungan. Dengan itu, diharapkan dengan penanaman pohon ini bisa mengikat masa air pada masa musim penghujan. "Tujuan utamanya adalah mengantisipasi bencana utamanya longsor," ujarnya.


Dia juga menyebutkan upaya ini dilakukan tidak hanya untuk kepentingan seorang melainkan seluruh masyarakat Tabanan. Sehingga kegiatan yang dilakukan melibatkan seluruh aparat desa, kecamatan hingga warga Desa Antapan sebagai pemegang wilayah di hutan lindung. "Upaya ini juga bagian dari menjalin persahabatan dengan alam," katanya.

Kapolres Tabanan AKBP Leo Dedy Defretes mengucapkan hal serupa. Penanaman pohon dilakukan bagian dari pelestarian lingkungan. Terlebih hutan lindung ini berada di hulu wilayah Kabupaten Tabanan. "Apa yang kita lakukan semoga berguna lambat laun pohon tumbuh dengan subur," tegasnya.7des

Komentar