nusabali

RSUD Wangaya Denpasar Berfokus pada Peningkatan Layanan di Usia 103 Tahun

  • www.nusabali.com-rsud-wangaya-denpasar-berfokus-pada-peningkatan-layanan-di-usia-103-tahun

DENPASAR, NusaBali.com - Memasuki usia yang ke-103, RSUD Wangaya Denpasar memfokuskan upaya peningkatan layanan melalui pembangunan dan pengembangan fisik rumah sakit.

Program kerja tersebut, disampaikan langsung oleh dr Anak Agung Made Widiasa SpA MARS, Direktur RSUD Wangaya, di  sela-sela kegiatan seminar menyongsong perayaan hari ulang RSUD Wangaya, Kamis (4/1/2024).

Widiasa menjelaskan pembangunan dan pengembangan fisik RSUD. Wangaya ini dikerjakan melalui skema KPBU (Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha) dengan pembiayaan non-ABN/APBD dalam mendanai revitalisasi dan pengembangan layanan kesehatan di RSUD. Wangaya.

“Dengan usia yang cukup tua, satu abad lebih, kami harus lakukan perubahan fisik. Semoga, melalui KBPU, pembangunan fisik bisa terealisasi agar pelayanan kesehatan untuk Kota Denpasar dapat kami laksanakan lebih baik lagi,” kata Widiasa.

Revitalisasi dan pengembangan layanan kesehatan ini meliputi beberapa hal, terdiri dari renovasi dan revitalisasi gedung IGD dan gedung poliklinik, pembangunan geriatri terpadu,pembangunan gedung penunjang, dan penambahan jumlah kapasitas tempat tidur.

Selain sebagai pusat layanan kesehatan, RSUD. Wangaya juga telah berkontribusi, menghasilkan SDM yang berkualitas. “Jadi banyak siswa poliklinik, baik bidan dan tenaga kesehatan yang dilatih di RSUD Wangaya,” kata Widiasa.

Oleh karena itu, dengan bidang pelayanan yang semakin kompleks saat ini, RSUD. Wangaya sudah mulai menambahkan beberapa  fasilitas dan alat-alat kesehatan yang lebih menunjang.

“Rumah sakit ini bukan saja sebagai tempat pemberi layanan kesehatan, tetapi juga sebagai pusat penelitian dan pendidikan,” tandas Widiasa.

Di samping pembangunan fisik dan penambahan alat-alat kesehatan, pihak rumah sakit pun akan konsisten menyukseskan program digitalisasi pelayanan kesehatan. Ini dimaksudkan untuk memberikan pelayanan yang lebih dekat dengan masyarakat, mulai dari rekam medis, pengobatan, dan pemberian e-resep. 

Widiasa menerangkan, banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari digitalisasi pelayanan kesehatan ini, yakni dengan pengeluaran anggaran dan penambahan tenaga kesehatan yang bisa dilakukan secara lebih efisien. Adapun keuntungan lainnya adalah menunjangkegiatan promosi yang dapat menjangkau masyarakat secara luas.

Berkenaan dengan pelaksanaan hari H perayaan ulang tahun RSUD Wangaya pada tanggal 6 Januari nanti, lokasi perayaan akan diadakan di gedung Dharma Negara Alaya. Perayaan pada hari puncak itu akan dihadiri oleh pimpinan Pemkot Denpasar, Walikota dan Wakil Walikota Denpasar beserta seluruh perwakilan OPD yang ada di Kota Denpasar.

Rangkaian acara yang akan dibuat dalam perayaan hari puncak tersebut, akan diisi dengan laporan pencapaian program RSUD. Wangaya selama satu tahun yang sudah berjalan.  Selain itu, diadakan pengangkatan sejumlah pegawai berprestasi dan penghargaan kepada beberapa tenaga kesehatan yang memasuki masa pensiun. Kegiatan akan ditutup denganpemotongan tumpeng dan dilanjut dengan beberapa acara hiburan lainnya. *ol4

Komentar