nusabali

606 Extra Flight Nataru, Hanya 385 Terealisasi

  • www.nusabali.com-606-extra-flight-nataru-hanya-385-terealisasi

MANGUPURA, NusaBali - Selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, menerima sebanyak 606 Extra Flight. Namun, hanya terealisasi 385 penerbangan atau 63 persen saja.

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan, mengatakan Handy pengajuan extra flight tersebut merupakan langkah yang diambil maskapai untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang selama periode liburan. “Pengajuan tambahan penerbangan oleh maskapai dikarenakan prediksi jumlah penumpang yang meningkat di momen-momen liburan. Jadi pihak maskapai berusaha memenuhi permintaan pasar, sehingga mengajukan penerbangan tambahan,” ujarnya, Jumat (5/1) siang.

Pihak bandara pun, lanjut Handy, telah berusaha untuk mengakomodasi permintaan ini dengan menempatkan pengajuan extra flight pada slot-slot penerbangan kosong yang tersedia, untuk memastikan bahwa tambahan tersebut tidak mengganggu jadwal penerbangan reguler yang telah ada. “Karena sifatnya tambahan maka perlakuannya adalah dengan menempatkan permohonan tersebut pada slot-slot penerbangan kosong yang tersedia. Hal ini untuk memastikan bahwa tambahan tersebut tidak berdampak pada jadwal penerbangan reguler yang telah ada,” tambahnya.

Dia merinci, untuk pengajuan extra flight Nataru 2023 ada sebanyak 606 penerbangan, yang terealisasi sebanyak 385 penerbangan atau 63 persen. Pelayanan extra flight tertinggi terjadi pada 2 Januari 2024 dengan 40 penerbangan.

Walau begitu, jumlah ini tidak sebanyak jika dibandingkan dengan periode Nataru tahun lalu, yang mencatat 1.097 pengajuan extra flight dengan realisasi sebanyak 697 penerbangan atau mencapai 64 persen. Secara historis, tingkat realisasi extra flight berkisar di angka 60 hingga 65 persen.

“Tahun ini pengajuan extra flight tidak sebanyak tahun lalu, tetapi kalau perbandingan realisasi tidak jauh berbeda,” kata dia.

Sejumlah maskapai terkemuka yang beroperasi di Bandara Ngurah Rai turut serta dalam pengajuan extra flight Nataru 2023. Maskapai tersebut antara lain Indonesia Air Adia, Batik Air, Citilink, Garuda Indonesia, Lion Air, Super Air Jet, Wings Air, Transnusa, Pelita Air, Sriwijaya, Nam Air, dan Scoot.

“Mereka melayani penerbangan tambahan ke rute-rute domestik seperti Jakarta, Surabaya, Solo, Semarang, Kupang, Lombok, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, Labuan Bajo, Tambolaka, dan rute internasional ke Singapura oleh maskapai Scoot,” jelasnya.

Handy berharap industri aviasi global dan nasional semakin membaik dan segera pulih kembali. Menurutnya, Bandara Ngurah Rai di tahun 2023 mencatatkan tingkat pemulihan trafik penumpang mencapai 89 persen jika dibanding kinerja tahun 2019 atau sebelum pandemi. “Kami optimis tahun-tahun mendatang trafik di bandara dapat kembali seperti pra pandemi, tentunya dengan dukungan, kerja sama, dan sinergi dengan seluruh pihak yang terkait,” ucapnya. 7 ol3

Komentar