nusabali

Gabung KONI Buleleng, Lima Cabor Masuk Tahap Penilaian dan Verifikasi

  • www.nusabali.com-gabung-koni-buleleng-lima-cabor-masuk-tahap-penilaian-dan-verifikasi

BULELENG, NusaBali - Sebanyak lima cabang olahraga (cabor) mengajukan permohonan menjadi anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Buleleng. Kini kelima cabor itu sudah masuk tahap penilaian dan verifikasi untuk menjadi keanggotaan yang sah. Dengan bergabungnya cabor baru itu, kini ada 49 cabor dalam naungan KONI Buleleng.

Ketua Umum KONI Buleleng, Ketut Wiratmaja membenarkan terkait adanya lima cabang olahraga yang saat ini masuk dalam daftar antrian anggota KONI Buleleng. Kelima cabor itu, yakni Gulat, Golf, Kuras, Aeromodelling dan Kick Boxing. Mereka sudah melakukan pengajuan sejak dua tahun lalu. 

"Memang benar ada lima cabor yang masih dalam tahap penilaian kita. Jadi, mereka ingin menjadi anggota KONI Buleleng dan itu harus melalui beberapa tahapan yang ada," ungkap Wiratmaja, Kamis (4/1)

Dijelaskan Wiratmaja, tahapan yang diberikan itu mulai dari penyelenggaraan kegiatan secara mandiri yang dilakukan setiap cabor dan wajib memberikan informasi kepada KONI Buleleng. Kemudian untuk pembiayaan kegiatan serta pelatihan atlet harus dari dana milik cabor itu sendiri. 

"Saat ini mereka menyelenggarakan kegiatan secara mandiri. Pada rakerkab KONI Buleleng tahun lalu sudah kita perkenalkan. Nah, saat ini cabor itu masih dalam tahap penilaian dan setelah itu diverifikasi," jelas Wiratmaja.

Dia juga menjelaskan, pada rapat kerja KONI Buleleng yang diselenggarakan pada Maret 2024 mendatang, pihaknya akan membawa lima cabor itu dan akan mengusulkan ke cabor lainnya terkait keinginan mereka untuk gabung menjadi keanggotaan KONI Buleleng. Nantinya, hak suara akan berada ditangan setiap cabor yang ada saat ini. "Kalau keanggotaan KONI Buleleng saat ini ada 44 cabor. Nanti kalau 5 Cabor ini masuk, artinya sudah menjadi 49 cabor. Ya mudah - mudahan masuk dan aktif melakukan kegiatan," harapnya

Wiratmaja juga tidak memungkiri keaktifan cabor di Buleleng selama ini dikategorikan sangat aktif. Pasalnya, mereka menggelar berbagai kegiatan dan melahirkan atlet berprestasi. Meski demikian, Wiratmaja tetap berharap ke depannya terus ditingkatkan agar mampu bersaing di kancah nasional maupun internasional. 

"Sejauh ini memang sudah aktif. Jadi, harapannya dipertahankan atau juga ditingkatkan demi meningkatkan prestasi di Buleleng," pungkas Ketut Wiratmaja. dar

Komentar