nusabali

Libur Tahun Baru, Alas Pala Sangeh Diserbu Wisatawan

  • www.nusabali.com-libur-tahun-baru-alas-pala-sangeh-diserbu-wisatawan

MANGUPURA, NusaBali - Objek Wisata Alas Pala Sangeh di Kecamatan Abiansemal, Badung diserbu ribuan wisatawan saat libur Tahun Baru, Senin (1/1). Kunjungan kali ini masih didominasi wisatawan domestik (wisdom).

Ketua Pengelola Objek Wisata Sangeh Ida Bagus Gede Pujawan, mengatakan kunjungan mulai terlihat ramai sejak pukul 10.00 Wita. Kondisi ini diakibatkan momentum libur tahun baru yang kerap dimanfaatkan oleh masyarakat untuk refreshing bersama keluarga.

“Kalau kunjungan saat libur tahun baru memang naik lumayan signifikan. Ini seperti hajatan musiman. Kalau kita cermati juga di destinasi-destinasi yang ada, kondisinya pasti sama. Masyarakat cenderung memanfaatkan waktu libur tahun baru dengan berkunjung ke objek wisata,” ujarnya saat ditemui di lokasi.

Pria yang akrab disapa Gus Pujawan ini mengatakan, momentum peningkatan kunjungan wisawatan biasanya terjadi saat high season. Bahkan diakui, pada Desember 2023 mulai terlihat peningkatan kunjungan wisatawan, terutama libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Selain itu, peningkatan kunjungan wisatawan juga karena peran proaktif pengelola dalam membaca tren kunjungan wisatawan ke Pulau Dewata.

“Peningkatan kunjungan biasanya saat libur hari raya dan juga berdasarkan high season wisatawan datang ke Bali. Biasanya Juli ramai, Desember ramai karena libur Nataru. Selain itu, kami juga mencari informasi dari Bandara Ngurah Rai untuk bisa membaca tingkat kunjungan wisatawan. Seperti November kemarin, tingkat kunjungan India tinggi. Saya jajaki travel agent India dengan harapan tamunya bisa diajak berkunjung ke Sangeh,” katanya.

Gus Pujawan yang Ketua Desa Wisata Sangeh ini melanjutkan, pada 2024 Objek Wisata Sangeh bakal berinovasi untuk menggaet kunjungan wisatawan. Salah satu yang akan diluncurkan yakni dengan inovasi dua jenis paket wisata. Pertama, paket monkey feeding yang nantinya wisatawan diajak untuk berkunjung di satu lokasi, yakni di Objek Wisata Alas Pala Sangeh. Sedangkan paket wisata kedua berupa monkey and fish feeding, di mana wisatawan diajak berkunjung ke Alas Pala Sangeh dan Taman Mumbul. Inovasi paket wisata ini akan diluncurkan Selasa (2/1) hari ini.

“Harga tiket tidak naik, cuma kita mengemasnya dalam bentu paket. Dalam paket tersebut, sudah termasuk tiket masuk, mineral water, peanut for monkey. Untuk paket dua lokasi ditambah dengan fish food. Selain itu juga termasuk conservation forest,” jelas Gus Pujawan.

Masih menurut dia, paket yang dibuat juga berisikan asuransi untuk wisatawan. “Karena yang saya pantau dari kemarin-kemarin, kalau ada kejadian tetap uang kantor yang jalan, walaupun kejadiannya seperti apa. Makanya kami siasati, yang namanya destinasi berisikan satwa, kenyamanan tamu itu penting. Jadi pada saat mereka tahu mereka dapat asuransi di sini kan tenang berwisata,” katanya. 7 ind

Komentar