nusabali

Kapal Pesiar Perdana Tahun 2024 di Pelabuhan Benoa Disambut Tari Bali

  • www.nusabali.com-kapal-pesiar-perdana-tahun-2024-di-pelabuhan-benoa-disambut-tari-bali

DENPASAR, NusaBali.com - PT Pelindo Cabang Pelabuhan Benoa, Denpasar, menyuguhkan atraksi budaya untuk menyambut kedatangan wisatawan mancanegara yang menumpangi kapal pesiar Norwegian Jewel yang sandar perdana tahun baru 2024 di pelabuhan tersebut, Senin (1/1/2024) pagi.

Rangkaian tari Bali yang ditampilkan di antaranya Tari Jauk Manis dan Tari Jauk Keras yang mengisahkan tentang raja baik hati dan senang melakukan perjalanan untuk mencari pengalaman hidup. 

Selain itu ada juga tari Legong Keraton yang dibawakan tiga orang penari yang menceritakan tentang rasa syukur kepada Sang Pencipta dan leluhur atas berkat yang diberikan kepada manusia.

"Kami suguhkan rangkaian tari Bali untuk memberikan pengalaman budaya kepada wisatawan mancanegara," kata Kepala Pelindo Sub Regional Bali Nusa Tenggara Fariz Hariyoso, Senin (1/1/2024).

Sesaat setelah kapal pesiar berbendera Bahama itu sandar sekitar pukul 07.00 Wita di dermaga selatan Terminal Kapal Pesiar Pelabuhan Benoa, satu per satu para penumpang kemudian langsung disambut tari Bali.

Kapal pesiar sepanjang 294 meter itu diperkirakan membawa sekitar 2.350 penumpang dan 1.033 kru kapal yang dijadwalkan sandar di Benoa, Bali, hingga Selasa (2/1/2024).

Setelah menikmati atraksi budaya, mereka kemudian langsung mengunjungi destinasi wisata yang ditawarkan para agen perjalanan wisata. Bahkan, beberapa di antara wisatawan itu berkeliling dulu di sekitar terminal dengan berbelanja kerajinan yang dijual pelaku UMKM.

"Ini menjadi yang kedua kali saya ke Bali tapi menumpangi kapal pesiar adalah yang pertama kalinya. Saya akan berwisata ke pantai, pura dan ke Ubud," kata Carlos Ojeda, wisatawan asal California, Amerika Serikat.

Selain Carlos, ada juga wisatawan asal Inggris, Neil yang berkunjung di Bali untuk pertama kalinya bersama tiga anggota keluarganya. Ia bersyukur tiba di Bali dengan disambut cuaca cerah sehingga mendukung aktivitas wisata selama di Pulau Dewata.

"Saya ingin melihat budaya Bali lebih dalam dan memanfaatkan kunjungan singkat ini dengan menikmati sesuatu yang beda misalnya ke pantai dan pura Bali," ucapnya.

Pertunjukan seni tari yang ditampilkan di area dermaga dijadwalkan berlangsung pukul 19.00 Wita. Pertunjukan budaya ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berkesan bagi wisatawan mancanegara dan turut mempromosikan budaya Bali ke mancanegara.

Sebelum sandar di Pelabuhan Benoa Denpasar, kapal pesiar Norwegian Jewel itu singgah setengah hari di Pelabuhan Celukan Bawang, Kabupaten Buleleng, Bali Utara pada 30 Desember 2023.

Kemudian menuju Pelabuhan Lembar, NTB pada 31 Desember 2023 dan pada 1 Januari 2024 tiba di Pelabuhan Benoa Denpasar untuk bersandar satu malam sebelum bertolak menuju Singapura pada 2 Januari 2024 sekitar pukul 14.00 Wita.

Selain Norwegian Jewel, di dermaga selatan Pelabuhan Benoa juga sandar kapal pesiar Nautica berbendera Republik Kepulauan Marshall yang diperkirakan membawa 404 penumpang dan 394 kru. Kapal dengan panjang 180 meter itu sandar pada Minggu (31/12) sekaligus merayakan tahun baru di Bali dan dijadwalkan bertolak menuju Darwin, Australia pada Senin ini sekitar pukul 18.00 Wita.

Sebelumnya, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf Vinsensius Jemadu mengungkapkan wisatawan kapal pesiar memiliki tingkat belanja yang besar meski rata-rata kunjungan singkat yakni diperkirakan 1.500 hingga 2.000 dolar AS per kunjungan per orang.

Potensi Wisata Kapal Pesiar di Bali

Bali merupakan salah satu destinasi wisata kapal pesiar yang populer di Asia Tenggara. Setiap tahun, ratusan kapal pesiar bersandar di Pelabuhan Benoa, Denpasar.

Potensi wisata kapal pesiar di Bali cukup besar. Hal ini didukung oleh keindahan alam dan budaya Bali yang menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara.

Untuk meningkatkan potensi wisata kapal pesiar di Bali, pemerintah dan stakeholder terkait terus berupaya meningkatkan konektivitas dan infrastruktur di Pelabuhan Benoa. Selain itu, juga dilakukan promosi dan branding Bali sebagai destinasi wisata kapal pesiar.

Pemerintah juga menargetkan jumlah wisatawan kapal pesiar yang berkunjung ke Bali meningkat menjadi 1 juta orang pada tahun 2024. *ant

Komentar