nusabali

STY Fokus Taktik Kalahkan Lawan

Jay Idzes dan Thom Haye Kagumi Stadion Utama GBK

  • www.nusabali.com-sty-fokus-taktik-kalahkan-lawan

Materi latihan fokus taktik bagaimana meruntuhkan lawan dalam ruang kecil dengan passing akurat. Intensitas latihan pun terus dinaikkan dan seluruh pemain dalam kondisi baik.

ANTALYA, NusaBali
Timnas Senior Indonesia terus mematangkan persiapan menjelang bertempur di Piala Asia 2023. Pelatih Timnas Shin Tae-yong (STY) mengatakan timnya mulai fokus menyiapkan taktik dan cara untuk mengalahkan lawan di turnamen nanti. 

Ya, pemusatan latihan Indonesia di Antalya, Turki, memasuki materi taktik. Para pemain dilatih bagaimana cara melumpuhkan lawan dengan ruang sempit dan akurasi operan.

"Materi latihan hari ini kita fokus taktik bagaimana kita meruntuhkan lawan dalam ruang kecil dengan passing akurat," kata STY, di laman PSSI, Sabtu (30/12).

Selain itu, Shin Tae-yong juga mengungkapkan seluruh pemain Timnas Indonesia dalam kondisi baik. Pelatih asal Korea Selatan itu memang sengaja menaikkan intensitas latihan karena Piala Asia 2023 semakin dekat.

"Kondisi para pemain baik secara keseluruhan. Memang dibuat program latihannya dengan intensitas tinggi sampai sebelum berangkat ke Qatar," jelas Shin Tae-yong.

STY memanggil 29 pemain untuk mengikuti TC Timnas di Turki. Nantinya, dari jumlah tersebut akan dikerucutkan menjadi 26 pemain yang terdaftar dalam skuad Piala Asia 2023. 

Dari 29 nama yang dipanggil, tinggal Sandy Walsh dan Elkan Baggott yang belum gabung. Keduanya disebut bergabung pada 1 Januari 2024.

Adapun Justin Hubner dan Rafael Struick menjadi yang teranyar gabung. Menarik untuk menantikan kehadiran dari para pemain sisa pada pemusatan latihan Timnas Indonesia di Turki.

Struick dan Jenner terpaksa telat memenuhi panggilan Timnas Indonesia. Keduanya masih dibutuhkan ADO Den Haag dan Jong Utrecht di Eerste Divisie 2023/2024 atau kasta kedua Liga Belanda.

Buntut cedera hamstring, Ivar Jenner nyaris absen selama empat bulan. Akibatnya, pemain berdarah Jember, Jawa Timur, itu baru bermain tiga kali untuk Jong Utrecht di Eerste Divisie.

"Saya bersemangat mengikuti pemusatan latihan di Antalya dan juga bisa bermain kembali bersama Timnas Indonesia," kata Ivar Jenner.

Sedangkan Struick semringah kembali bergabung dengan Timnas Indonesia. Penyerang 20 tahun itu selalu menjadi pilihan utama dalam dua partai belakangan.

"Saya senang di sini setelah perjalanan. Ini latihan gym pertama saya. Saya sangat bersemangat," jelas Rafael Struick.

Indonesia akan menjalani tiga laga ujicoba sebelum Piala Asia 2023. Yakni, menjajal kekuatan Libya di Antalya, Turki pada 2 dan 5 Januari 2024. Setelah itu, bertolak ke Qatar dan Indonesia menjajal kekuatan Iran pada 9 Januari.

Indonesia tergabung di Grup D Piala Asia 2023. Skuad Merah Putih akan bersaing dengan Jepang, Irak, dan Vietnam. Jadwal Indonesia diawali melawan Irak pada 15 Januari di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan.Lalu akan Vietnam di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha pada 19 Januari dan Jepang di Stadion Al Thumama, Doha, pada 24 Januari.

Sementara itu, dua calon pemain Indonesia kelahiran Belanda, Jay Idzes dan Thom Haye, terpukau dengan kemegahan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat. Mereka berkesempatan melihat SUGBK pada Jumat (29/12). Selain melihat-lihat venue berkapasitas 77.193 itu, keduanya juga berfoto-foto.

"SUGBK sangat besar. Saya sudah tidak sabar untuk bermain di sini dengan Timnas Indonesia," ujar Jay Idzes di laman PSSI.

Jay Idzes baru saja menuntaskan proses naturalisasinya pada Kamis (28/12). Namun, bek 23 tahun itu belum bisa membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. *

Komentar