nusabali

Dewan Soroti Konsep Ranperda Pariwisata

  • www.nusabali.com-dewan-soroti-konsep-ranperda-pariwisata
  • www.nusabali.com-dewan-soroti-konsep-ranperda-pariwisata

SEMARAPURA, NusaBali - Anggota DPRD Klungkung melalui pemandangan umum fraksi menyoroti konsep Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Klungkung tahun 2023-2025.

Rapat paripurna digelar di gedung DPRD Klungkung, Kamis (28/12) sore. Vokalis Fraksi Persatuan Demokrat, I Nyoman Mujana mengatakan konsep Rencana Kepariwisataan tersusun dengan cantik. 

Namun Mujana menilai konsep ini lebih dulu gugur di Nusa Penida. Penyebabnya, adanya perilaku oknum yang dominan mengedepankan keuntungan semata. Oknum itu mengemas dengan topeng penataan lingkungan, melakukan penambangan galian C menggunakan alat berat di pinggir tebing dan bukit. 

“Selanjutnya keindahan dan keunikan alam seperti apa kira-kira yang akan atau dapat kita banggakan untuk dipasarkan di dunia kepariwisataan? Mohon saudara Pj Bupati memberikan tanggapan,” pinta Mujana.

Pemandangan Umum Fraksi PDIP yang dibacakan I Wayan Misna mengatakan pariwisata berkelanjutan adalah pengembangan konsep berwisata yang dapat memberikan dampak jangka panjang. “Sejauh mana Pemkab Klungkung telah melaksanakan program ini. Mohon penjelasan tentang uraian kerja, input, output, dan outcome dari sustainable tourism,” ujar Misna. 7 wan

Komentar