nusabali

PMI Gianyar Targetkan Seluruh SD Punya Ekstrakurikuler PMR

  • www.nusabali.com-pmi-gianyar-targetkan-seluruh-sd-punya-ekstrakurikuler-pmr

GIANYAR, NusaBali - Puluhan siswa Sekolah Dasar (SD) adu kepintaran dalam Lomba Cerdas Cermat (LCC) Tingkat Mula PMI Kabupaten Gianyar di Gedung PLUT-KUMKM Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Jumat (29/12). LCC sebagai langkah awal meningkatkan minat siswa SD mengikuti kegiatan kepalangmerahan. PMI Gianyar menargetkan Tahun 2024 nanti seluruh SD memiliki ekstrakurikuler PMR.

Plt Ketua PMI Gianyar I Ketut Pasek Lanang Sadia mengatakan, salah satu tugasnya adalah mendidik kader kepalangmerahan remaja, tingkat Mula atau sekolah dasar. “Sekarang memang belum ada maka itu kami mengajukan rancangan ke Dinas Pendidikan. Perlu audensi koordinasi lebih intensif,” jelas Pasek Lanang. Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan ini menjelaskan rancangan tersebut mewajibkan seluruh SD di Gianyar membentuk PMR Mula. 

Wadah ini sebagai media pembentukan karakter, disiplin, dan kepribadian anak. “Kami yakin anak-anak SD punya potensi, mudah-mudahan disambut baik oleh Pemkab Gianyar,” harapnya. PMR Mula berkaitan dengan kegiatan  kepalangmerahan remaja di tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional seperti halnya Jumbara. 

Penjajakan ini dilakukan agar PMR Mula di tingkat SD setelah dibentuk juga dialokasikan anggaran yang memadai untuk kegiatan pelatihan-pelatihan. “Disdik punya kewenangan ambil kebijakan anggaran. Mungkin dana BOS bisa dialokasikan untuk bantu adik-adik laksanakan kegiatan PMR. Kami di PMI bantu SDM pelatihnya,” jelas Pasek Lanang. 

Ketua Panitia I Made Sunata menambahkan, ada 14 regu yang ikut serta. Masing-masing regu terdiri dari 3 siswa. Memperebutkan juara I sampai Harapan I, peserta harus lolos babak penyisihan terlebih dahulu. LCC untuk meningkatkan pemahaman siswa dan pembina PMR Mula tentang kepalangmerahan. Meningkatkan dan mempererat rasa persaudaraan serta solidaritas antar PMR, khususnya tingkat Mula. Meningkatkan semangat kesukarelaan, cinta kasih, tolong menolong, dan gotong-royong. 7 nvi 

Komentar