nusabali

Simulasi Pemilu, TPS Negari ‘Digawangi’ KPPS Perempuan

  • www.nusabali.com-simulasi-pemilu-tps-negari-digawangi-kpps-perempuan
  • www.nusabali.com-simulasi-pemilu-tps-negari-digawangi-kpps-perempuan

SEMARAPURA, NusaBali - Tempat Pemungutan Suara (TPS) 9 di Balai Banjar Sari Merta, Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung ‘digawangi’ oleh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang seluruhnya adalah perempuan. Saat simulasi pemungutan suara yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klungkung di TPS 9, Selasa (26/12) kemarin, dari Ketua KPPS sampai petugas Linmas semuanya Srikandi.

KPPS yang berjumlah 7 orang di TPS 9 masing-masing sudah punya tugas. Ada sebagai Ketua, kemudian bertugas di bagian pendaftaran 2 orang, ada yang bertugas mengarahkan alur pemilih, serta ada yang berjaga di bagian akhir yakni celup jari pada tinta usai memilih di TPS. Petugas Linmas hingga saksi yang merupakan Srikandi dengan sigap bertugas dalam simulasi. Sehingga simulasi kemarin seperti Pemilu sesungguhnya.

Pembentukan TPS yang ‘digawangi’ Srikandi ini bertujuan untuk sosialisasi partisipasi perempuan. Pasalnya, pada Pemilu 2019 partisipasi perempuan menjadi penyelenggara sangat minim.

Anggota KPU Klungkung/Divisi Hukum, Pencegahaan dan Humas, Sang Ayu Mudiasih mengatakan TPS khusus ini sudah dirancang sejak pemetaan TPS. "Terdapat 7 orang KPPS dan 2 orang Linmas perempuan," ujar Mudiasih. 

Sementara Ketua KPU Kabupaten Klungkung I Gusti Lanang Mega Saskara mengatakan, melalui simulasi tersebut diharapkan masyarakat atau pemilih tidak kebingungan saat menggunakan hak pilihnya. "Dalam simulasi ini sudah dipraktekkan alur dan tata cara pemilihan," ujar Lanang Mega.

Diharapkan pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024 nanti berjalan lancar tanpa kendala. "Kami berharap melalui simulasi ini lebih mempermudah implementasi pemungutan suara saat tanggal 14 Februari nanti," ujarnya. wan

Komentar