nusabali

Melayani 24 Jam, Libatkan Tagana

Dapur Umum Karya di Kantor Bupati Tabanan

  • www.nusabali.com-melayani-24-jam-libatkan-tagana

TABANAN, NusaBali - Ada sisi menarik dari Karya Agung Panca Wali Krama, Padudusan Agung, Manawa Ratna, Mamungkah, Melaspas, lan Ngenteg Linggih di Kantor Bupati Tabanan. Yakni dibuat dapur umum untuk menunjang kesuksesan dari segi logistik.

Bahkan untuk meramu masakan, Tagana (Taruna Siaga Bencana) dari Dinas Sosial Tabanan ikut dikerahkan. Per hari saja dapur umum di bawah komando Asisten III Setda Tabanan dan dibantu Dinas Sosial ini memasak nasi sampai 1 kwintal atau sekitar 100 kilogram. Kadang jika acara padat memasak nasi sampai 150 kilogram per hari. 

Anggota Bidang Perlengkapan sekaligus Kepala Dinas Sosial Tabanan I Nyoman Gede Gunawan mengatakan dapur umum sudah dibuat sejak t14 Desember. Tujuannya untuk membantu kelancaran selama karya. “Dapur umum ini buka 24 jam,” ujarnya, Senin (25/12). 

Kata dia selama dapur umum dibuat, tak hanya dari Tagana saja yang membantu. Bahkan turut pula didatangkan relawan yang mahir untuk meramu masakan. “Jadi Tagana kita ini bagian membantu memotong, memasak, dan lain-lain,” ucap Gunawan. 

Dia menerangkan dapur umum yang berjalan di hari kesebelas per Minggu (24/12) ini, seluruh logistik sebagian besar berasal dari punia masyarakat, OPD, hingga komunitas. Total babi yang sudah dimasak selama karya berjumlah 15 ekor, sementara beras habis per hari sampai 100 kilogram. 

"Kalau memasak itu tergantung di lapangan. Intinya memasak ini kami berlakukan dua shift. Masak pagi untuk siang, masak siang untuk malam. Namun jika kurang malamnya kembali memasak,” papar Gunawan. 

Untuk itu sebagai bagian yang diperbantukan di dapur umum, Tagana dilibatkan sebanyak 80 orang. Per hari Tagana ditugaskan 10-20 orang. Sementara punia yang diterima sudah dalam keadaan bersih. "Misalnya ada yang mapunia ayam, kami menerima yang bersih. Kadang kami mencari ke tempat yang mapunia. Itu dilakukan untuk menghindari kotor di areal Kantor Bupati Tabanan,” tegas Gunawan. 7 des

Komentar