nusabali

Bawaslu Bangli Rekrut 802 Pengawas TPS

  • www.nusabali.com-bawaslu-bangli-rekrut-802-pengawas-tps

BANGLI, NusaBali - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bangli menyiapkan rekrutmen pengawas TPS (Tempat Pemungutan Suara). Proses rekrutmen rencananya dibuka mulai awal tahun 2024 mendatang. Masing-masing TPS akan diisi 1 orang pengawas pada Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Bangli, I Nengah Muliarta mengatakan untuk rekrutmen pengawas TPS dibuka di masing-masing kecamatan, dan menjadi kewenangan Panwascam. Kata dia, dibutuhkan 802 pengawas TPS di Kabupaten Bangli. Namun demikian dalam proses rekrutmen dan seleksi, jumlah pelamar yang diterima sebanyak 1.604 orang alias dua kali lipat dari jumlah TPS. "Saat ini sedang proses sosialisasi, untuk rekrutmennya dibuka mulai 2 Januari 2024. Kita menerima 1.604 pelamar untuk diseleksi menjadi 802 orang,"  ujar Muliarta, Jumat (22/12). 

Kata Muliarta ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi apabila ingin melamar sebagai pengawas TPS. Seperti persyaratan usia, pelamar harus berusia 21 tahun yang dibuktikan dengan KTP elektronik. Selain itu sehat jasmani rohani, tidak berafiliasi atau tidak menjadi anggota partai politik. "Setelah pendaftaran, kami akan lakukan verifikasi terkait keanggotaan partai politik, hingga dilakukan wawancara," tegas Muliarta. 

Muliarta mengimbau, bagi masyarakat yang berminat, agar mendaftar di Kantor Panwaslu Kecamatan masing-masing dengan menyertakan biodata diri dan syarat-syarat yang ditetapkan. “Berdasarkan aturan, para pengawas TPS sudah dilantik 22 Januari 2024. Masa kerja Pengawas TPS berlangsung hingga tanggal 21 Februari 2024,” ujar Muliarta. 7esa.

Komentar