nusabali

Antisipasi Kejadian Tak Terduga di Pemilu 2024

Lagi, KPU Tabanan Lakukan Simulasi Pemungutan Suara

  • www.nusabali.com-antisipasi-kejadian-tak-terduga-di-pemilu-2024
  • www.nusabali.com-antisipasi-kejadian-tak-terduga-di-pemilu-2024

TABANAN, NusaBali - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tabanan kembali melakukan simulasi pemungutan suara Pemilu 2024, Selasa (23/1). Simulasi yang berlangsung di Banjar Penebel Kaja, Desa/Kecamatan Penebel Tabanan ini menetapkan sejumlah skenario persoalan yang mungkin terjadi saat pencoblosan 14 Februari 2024 mendatang.

Dalam simulasi ini KPU Tabanan melibatkan Polres dan Kodim 1619 Tabanan. Adapun skenario yang di-setting yakni salah satu pemilih hendak mencoblos di TPS (Tempat Pemungutan Suara) 2 Banjar Penebel Kaja. Hanya saja, identitasnya terdaftar di TPS lain. Pemilih tersebut seolah-olah tidak terima. Situasi inilah yang diantisipasi dan disimulasikan penanganannya kemarin.


Ketua KPU Tabanan, I Waya Suwitra mengatakan simulasi bagian dari memantapkan jalannya pencoblosan saat Pemilu 2024 nanti. Selain itu untuk mematangkan hasil simulasi pertama yang menyisakan sejumlah catatan sebagai bahan evaluasi. “Jadi saat simulasi pertama ada sejumlah bahan yang harus dievaluasi dan kami sempurnakan pada simulasi hari ini (kemarin,red),” ujar Suwitra.

Menurutnya selain membuat skenario terhadap pemilih yang mencoblos di TPS lain, dalam simulasi tersebut juga dibuat skenario penanggulangan persoalan yang muncul saat penghitungan suara. “Hasil simulasi kedua ini nantinya akan menjadi bekal bimbingan teknis (bimtek) bagi KPPS. Karena, pada 25 Januari 2023 mendatang seluruh KPPS akan segera dilantik,” tegas Suwitra. des

Komentar