nusabali

Bertemu di DPRD, Mas Sumatri-Gede Dana Akrab

  • www.nusabali.com-bertemu-di-dprd-mas-sumatri-gede-dana-akrab

Hubungan Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri dengan Ketua DPC PDIP Karangasem I Gede Dana sempat renggang sejak Pemilu Legislatif (Pileg) 2009 lalu, gara-gara miskomunikasi di antara mereka. 

AMLAPURA, NusaBali
Namun keduanya tampak akrab dan saling menyapa di DPRD Karangasem, Senin (17/7). Pantauan NusaBali, Bupati Mas Sumatri dan Gede Dana yang kini Ketua Fraksi PDIP DPRD Karangasem saling menyapa, kemudian bersalaman. Keduanya juga saling tertawa dan terlihat akrab disaksikan anggota DPRD Karangasem dari Fraksi PDIP, I Wayan Suastika. Suasana akrab kedua politisi ini tampak usai rapat penyampaian nota keuangan pertanggungjawaban Bupati Karangasem APBD 2016 di Ruang Rapat DPRD Karangasem Jalan Ngurah Rai Amlapura, Senin kemarin.

"Halo Pak De (I Gede Dana) bagaimana kabar?," sapa Mas Sumatri yang kini juga Ketua Partai NasDem Karangasem sesaat sebelum meninggalkan ruangan rapat. Kemudian disambut I Gede Dana dengan senyum dan saling bersalaman. Anggota dewan yang membuntuti dari belakang berseloroh jika keduanya tengah bernostalgia.

Sebab sebelumnya Mas Sumatri sempat dua periode menjadi anggota DPRD Karangasem masa bhakti tahun 2009-2014, dan tahun 2014-2015 dari PDIP. Miskomunikasi keduanya terjadi saat Mas Sumatri meraih suara tertinggi perebutan kursi anggota legislatif di Pemilu Legislatif (Pileg) 2009 dengan 5.453 suara, sedangkan di Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 turun menjadi 3.824 suara. 

Pasca Pileg 2009 sempat terjadi persaingan hangat di internal PDIP memperebutkan jabatan Ketua DPRD Karangasem, antara Mas Sumatri yang raih suara terbanyak dengan I Gede Dana. Saat itu Mas Sumatri, kurang beruntung. Gede Dana yang akhirnya duduki kursi Ketua DPRD dan Mas Sumatri dapat jatah Ketua Fraksi PDIP. 

Selanjutnya di Pilkada Karangasem 2015, antara Mas Sumatri dengan I Gede Dana juga berebut rekomendasi dari PDIP, ternyata kedua-duanya kurang beruntung mendapatkan rekomendasi. PDIP menjatuhkan rekomendasi kepada I Wayan Sudirta, kemudian Mas Sumatri maju di Pilkada Karangasem 2015 dilamar Koalisi Karangasem Hebat (KKH) beranggotakan Partai NasDem, Hanura dan PKPI. Setelah cukup lama keduanya, tidak menjalin komunikasi politik, akhirnya sapaan politik terjadi, kemarin. *k16

Komentar