nusabali

Lowongan KPPS di Bangli Sepi Peminat

  • www.nusabali.com-lowongan-kpps-di-bangli-sepi-peminat

BANGLI, NusaBali - Lowongan calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Bangli sepi peminat. Sejak rekrutmen diumumkan KPU Bangli pada 11 Desember lalu yang terdaftar baru 154 orang.

Anggota KPU Bangli I Made Surya Dharma Yudha menyampaikan, untuk Pemilu 2024 kebutuhan KPPS di Kabupaten Bangli sebanyak 5.614 orang. Jumlah tersebut tersebar di 802 TPS di 4 kecamatan.  Adapun rincian kebutuhan KPPS yakni di  Kecamatan Bangli sebanyak 1.183 orang, Kecamatan Susut  sebanyak 1.099 orang, Kecamatan Tembuku sebanyak 931 orang dan Kecamatan Kintamani sebanyak 2.401 orang. “Di masing-masing TPS membutuhkan 7 orang, total yang dibutuhkan 5.614 orang. Proses pengumuman sudah dilaksanakan dan pendaftaran juga telah dibuka pada 11 Desember,” ujar Surya Dharma dalam kegiatan media gathering di Kawasan Pariwisata Ubud, Gianyar, Kamis (14/12).

Sementara saat ini kata Surya Dharma, jumlah pendaftar sebanyak 154 orang yakni di Kecamatan Bangli 28 orang, Susut ada 7 orang, Tembuku ada 95 orang dan Kintamani ada 24 orang. Jumlah tersebut diakui Surya Dharma masih minim. Namun demikian, pihaknya optimis hingga pendaftaran ditutup pada 20 Desember mendatang jumlah KPPS bisa terpenuhi.

Surya Darma menyebutkan ada beberapa kendala yang menyebabkan pendaftar masih minim. Salah satunya karena calon pendaftar namanya masuk sebagai anggota parpol. Ada belasan calon pelamar yang namanya masuk parpol. Padahal mereka tidak merasa menjadi anggota parpol, namun nama tercantum sebagai anggota.

“Saat dicek melalui Sipol, nama masuk sebagai anggota parpol. Maka itu, nama harus bersih dulu dari partai tersebut. Dilakukan klarifikasi bahwa yang bersangkutan memang bukan anggota parpol. Hal ini ditunjukkan surat pernyataan dan dipertegas dari parpol terkait,” jelas Surya Dharma.

Terungkap setidaknya dalam proses pendaftaran KPPS ada 17 orang yang sudah melapor jika namanya masuk sebagai anggota parpol. Sedangkan sebelumnya sudah ada 58 orang. esa

Komentar