nusabali

Pemkab Klungkung Komitmen Perluasan Digitalisasi

  • www.nusabali.com-pemkab-klungkung-komitmen-perluasan-digitalisasi

SEMARAPURA, NusaBali - Plt Bupati Klungkung I Made Kasta membuka acara high level meeting (HLM) komitmen perluasan penerapan digitalisasi daerah di hotel kawasan Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Rabu (13/12).

HLM dalam rangka evaluasi program Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) tahun 2023. Tujuannya untuk meningkatkan kapabilitas anggota TP2DD Kabupaten Klungkung dan mengevaluasi program Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).

Made Kasta mengatakan, digitalisasi ini adalah proses pelayanan kepada masyarakat untuk lebih mudah, lebih lancar, dan lebih baik termasuk juga pelayanan yang terjadi di Pemkab Klungkung. “Mudah-mudahan TP2DD yang didukung oleh Bank Indonesia dan BPD Bali sebagai fasilitator transaksi sudah selalu bergerak untuk mewujudkan tujuan,” ujar Made Kasta. Transaksi Pemkab Klungkung di sektor pengeluaran sudah dilakukan secara non tunai antara lain untuk belanja operasi, belanja modal, dan belanja transfer. 

Penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) untuk penerimaan pajak daerah seluruhnya sudah dilakukan secara non tunai melalui pembayaran teller, QRIS, M-Banking, ATM, dan lainnya. Konsentrasi saat ini adalah digitalisasi sektor retribusi daerah yang masih rendah. Penerimaan seluruh jenis retribusi daerah juga sudah menyediakan kanal digital berupa QRIS. Made Kasta mengajak semua pihak terus berupaya meningkatkan penggunaan sistem digitalisasi dalam pengeloaan keuangan daerah, khususnya pada pengelolaan PAD. HLM menghadirkan narasumber dari Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Bali, Ernawan Andreastanto. @ wan

Komentar