nusabali

Tahun 2024, Karangasem Rekrut 727 Guru PPPK

Hanya Bisa Diisi 215 Pelamar Umum

  • www.nusabali.com-tahun-2024-karangasem-rekrut-727-guru-pppk

Pengisian jatah itu setidaknya bisa menambah kekurangan seribuan guru jejang SD dan SMP.

AMLAPURA, NusaBali
Tahun 2024, Pemkab Karangasem dapat jatah 727 orang tenaga guru berstatus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Dari jumlah jatah pusat itu, 512 orang akan diisi dari kalangan guru yang telah dikontrak Pemkab. Akibatnya, jatah tersebut hanya bisa direbut oleh 215 calon guru PPPK dari pelamar umum.

“Saya berharap agar semua formasi terpenuhi dan ada pelamarnya termasuk dua persen jatah dari disabilitas,” jelas Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem I Wayan Sutrisna, di ruang kerjanya, Jalan Veteran, Amlapura, Rabu (13/12).

Jelas dia, pengisian jatah itu setidaknya bisa menambah kekurangan seribuan guru jejang SD dan SMP. “Hanya saja, saya belum tahu. Apakah nanti semua formasi ada pelamarnya, termasuk pelamar dari disabilitas. Kami belum menerima laporan. Pengumuman hasil tes tenaga PPPK guru ini, Jumat (15/12),” tambahnya.


Selama ini, katanya, Karangasem masih krisis guru. Karena setiap tahun ratusan guru memasuki purnatugas. Terakhir tahun 2023, ada 309 guru purnatugas, namun belum ada penggantinya. Karena belum ada rekrutmen CPNS.

Kata Sutrisna, rencananya setelah pengumuman hasil tes PPPK guru, pengajuan pemberkasan Februari 2024. Selanjutnya, perkiraan SK terbit pada April 2024 dan guru PPPK ini mulai bertugas Mei 2024. Ini artinya, gaji tenaga guru PPPK hasil rekrutmen tahun 2023, baru bisa dibayar pada Mei 2024.

Dengan tambahan guru itu, jelas dia, kekurangan guru di beberapa SD, dan SMP bisa mulai ditutupi mulai Mei 2024. Selama ini rata-rata SD kekurangan guru sehingga kepala SD ikut mengajar. Walaupun tugas utamanya mempertanggungjawabkan secara administrasi terutama laporan penggunaan dana BOS (bantuan operasional sekolah).

Sebelumnya diberitakan, Disdikpora telah memanggil staf bergelar SPd (sarjana pendidikan) di lingkungan Pemkab Karangasem. Mereka ditarik untuk ditugaskan sebagai guru. Semua tenaga kontrak itu telah didata. Mereka pun siap bertugas pada sekolah di daerah asalnya.7k16

Komentar