nusabali

Ketua KPU RI Sidak Gudang Logistik KPU Denpasar

Lipat Surat Suara, KPU Denpasar Libatkan Ratusan Relawan

  • www.nusabali.com-ketua-kpu-ri-sidak-gudang-logistik-kpu-denpasar

DENPASAR, NusaBali - Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menyambangi gudang logistik Pemilu 2024 KPU Kota Denpasar di GOR Kompyang Sujana (Lapangan Buyung) di Jalan Gunung Agung, Denpasar Utara pada, Rabu (13/12) malam pukul 22.00 Wita. Hasyim dan rombongan KPU RI didampingi jajaran KPU Provinsi Bali dan KPU Denpasar mengecek kesiapan logistik Pemilu 2024 di Pulau Dewata khususnya Kota Denpasar.

Anggota KPU Bali, I Gede John Darmawan mengatakan kegiatan meninjau gudang logistik ini jadi agenda pertama Hasyim di Bali. Tinjauan logistik pemilu pada Rabu malam ini hanya ke gudang KPU Denpasar. "Setelah mendarat di Bali pukul 21.00 Wita, beliau (Hasyim) langsung bertolak ke gudang logistik," ujar John di sela kegiatan.

Hasyim menjelaskan, kedatangannya memang dibuat mendadak atau direncanakan dalam hitungan beberapa jam sebelum mendarat di Bali. "Ini untuk menunjukkan teman-teman KPU di daerah masih standby bekerja," ungkap Hasyim. Di dalam gudang, Hasyim mengecek kondisi para petugas pelipatan surat suara dan surat suara yang sudah terlipat di dalam box yang sudah terkode dan memiliki QR code.


Hasyim mengaku tidak memberikan catatan khusus kepada KPU Denpasar pasca pengecekan. Ia berpesan, agar persiapan logistik ini bisa dirampungkan sesuai jadwal.

"Target KPU, seluruh jenis surat suara itu harus sudah ada di gudang KPU Kabupaten/Kota paling lambat 11 Januari 2024," tegas Hasyim. Sementara itu, kedatangan Hasyim ke Bali merupakan dalam rangkaian kunjungan kerja satu hari pada Kamis (14/12) hari ini. Kunjungan ke gudang logistik pada Rabu malam merupakan agenda tambahan. Pada Kamis hari ini, Hasyim diagendakan mengisi acara seminar/diskusi di dua universitas swasta di Kota Denpasar, yakni Universitas Mahasaraswati Denpasar dan Universitas Warmadewa. "Kamis sore, beliau bertolak kembali ke Jakarta," tukas John usai mendampingi Hasyim mengecek gudang logistik.

Sementara pada, Rabu siang kemarin Ketua KPU Kota Denpasar, Dewa Ayu Sekar Anggraeni mengungkapkan pelipatan suara untuk Pemilu 2024 sudah dilakukan sejak Sabtu 9 Desember 2023 di gudang KPU Denpasar di Lapangan Kompyang Sujana Jalan Gunung Agung, Denpasar. Pelipatan surat suara tersebut saat ini baru pada surat suara pemilihan anggota DPR RI, karena paling awal diterima. Menurut Sekar, surat suara yang diterima KPU Denpasar sebanyak 507.697 lembar. Hingga, Selasa (12/12) surat suara yang dilipat sudah 50 persen.

"Jumlah tersebut sudah termasuk 2 persen cadangan dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Denpasar," jelasnya. Dikatakan Sekar, jumlah pemilih tetap di Kota Denpasar saat ini sebanyak 495.896 orang, namun ada 2 persen surat suara yang dijadikan sebagai cadangan. Sementara dari total surat suara yang diterima ditemukan sebanyak 1.158 lembar surat suara mengalami kerusakan. Dalam pelipatan surat suara ini kata dia, sampai Rabu kemarin pihaknya menerima dan memberdayakan 117 relawan untuk melipat surat.

Foto: Sejumlah pekerja lepas KPU Kota Denpasar melipat surat suara Pemilu 2024 di GOR Kompyang Sujana, Jalan Gunung Agung, Denpasar Utara, Rabu (13/12). -YUDA

Akan tetapi, jumlah tersebut akan terus bertambah. Sebab, setiap harinya masih ada yang mendaftarkan diri untuk ikut sebagai relawan pelipatan suara. "Total 117 orang relawan ini hanya sementara, masih akan ada penambahan lagi. Sebab pelipatan baru satu jenis surat suara masih ada dua jenis surat suara lagi yang belum dilipat," ungkapnya.

Surat suara yang belum dilipat, yakni surat suara pemilihan anggota DPRD Provinsi Bali dan DPRD Kota Denpasar. Jumlah surat suara DPRD Provinsi Bali sama dengan DPR RI, sementara surat suara untuk DPRD Kota Denpasar sebanyak 511.697 lembar yang masih menunggu pelipatan. Pelipatan untuk satu jenis surat suara targetnya dikerjakan selama satu minggu. "Kami targetkan sih satu minggu untuk satu jenis surat suara. Mudah-mudahan bisa sesuai harapan," ujarnya. 7 ol1, mis

Komentar