nusabali

Peringati Hari Juang TNI AD, Kodim Jembrana Donor Darah

  • www.nusabali.com-peringati-hari-juang-tni-ad-kodim-jembrana-donor-darah
  • www.nusabali.com-peringati-hari-juang-tni-ad-kodim-jembrana-donor-darah

NEGARA, NusaBali - Kodim 1617/Jembrana menggelar bakti sosial donor darah serangkaian peringatan ke–78 tahun Hari Juang TNI AD yang jatuh pada 15 Desember 2023 mendatang. Kegiatan donor darah tersebut berlangsung di Aula Makodim Jembrana, Jalan Ngurah Rai, Kelurahan Duahwaru, Kecamatan Jembrana, Selasa (12/12).

Donor darah diikuti oleh seluruh anggota Kodim 1617/Jembrana. Hadir di kegiatan tersebut, Kasdim 1617/Jembrana Mayor Inf I Gede Putu Wira Mahardika, para Pasi dan Danramil se-Jembrana, personel Subdenpom IX/3-2 Negara, Yonif 741/GN, Satpol PP, Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI), Pemuda Panca Marga (PPM) Jembrana.

Jumlah peserta donor darah yang hadir sebanyak 135 orang. Namun yang memenuhi syarat donor sebanyak 50 orang. Sedangkan sisanya tidak memenuhi syarat karena tensi tinggi, tensi rendah, dan kondisi tubuh kurang sehat. Ada pula yang tidak memenuhi syarat karena sudah sempat melakukan donor dalam rentang waktu kurang dari 3 bulan.  

Kasdim Jembrana Mayor Inf I Gede Putu Wira Mahardika mengatakan, bakti sosial donor darah ini diadakan serangkaian peringatan Hari Juang TNI AD. Aksi sosial ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian TNI, dalam hal ini Kodim 1617/Jembrana terhadap sesama. Termasuk untuk memenuhi ketersediaan stok darah di PMI Jembrana.

“Kita secara rutin menggelar kegiatan donor darah sebagai bentuk sumbangsih dalam membantu memenuhi kebutuhan darah bagi masyarakat Jembrana,” ujar Mayor Inf Wira Mahardika. 

Mayor Inf Wira Mahardika mengatakan, kegiatan donor darah tersebut diikuti sangat antusias peserta dari beberapa satuan TNI, instansi terkait, dan sejumlah elemen masyarakat. Terkait beberapa personel yang tidak memenuhi syarat donor, memang tidak bisa dipaksakan. 

Namun, dirinya mengatakan, para personel yang belum bisa mengikuti donor karena sempat minum obat dan belum memenuhi syarat waktu donor, bisa dijadikan cadangan ketika ada masyarakat yang membutuhkan. “Jika ada masyarakat yang membutuhkan darah dan bisa kita bantu, pasti kita bantu,” ucap Mayor Inf Wira Mahardika. 7 ode

Komentar