nusabali

Dermaga MB IV Gilimanuk Siap Dioperasikan Jelang Nataru

  • www.nusabali.com-dermaga-mb-iv-gilimanuk-siap-dioperasikan-jelang-nataru

NEGARA, NusaBali - Proyek peningkatan Dermaga Ponton menjadi Dermaga Moveable Bridge (MB) di Pelabuhan Giliamuk rampung dikerjakan. Pihak ASDP Pelabuhan Ketapang–Gilimanuk pun telah melakukan uji coba sandar di Dermaga MB IV Gilimanuk tersebut. Dermaga itu dinyatakan siap beroperasi untuk menghadapi angkutan Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

General Manager ASDP Cabang Ketapang Syamsuddin mengatakan, uji coba sandar di Dermaga MB IV Gilimanuk itu telah dilaksanakan pada Minggu (10/12) petang. Uji coba sandar menggunakan Kapal Motor Penumpang (KMP) Jatra II yang merupakan kapal jumbo milik ASDP di Cabang Ketapang. “Uji coba berjalan lancar. Tidak ada hambatan. Berfungsi dengan baik,” ujarnya, Senin (11/12).

Menurut Syamsuddin, uji coba itu dilakukan untuk memastikan kapal bisa sandar di dermaga tersebut. Uji coba sandar itu sengaja menggunakan KMP Jatra II untuk mendapat hasil uji coba yang maksimal. Terlebih KMP Jatra II yang secara reguler melayani rute penyeberangan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur–Lembar, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu juga kerap diperbantukan di rute penyeberangan Ketapang–Gilimanuk. “Rencananya nanti juga diperbantukan untuk angkutan Nataru,” ucap Syamsuddin. 

Syamsuddin menambahkan, untuk uji coba sandar di Dermaga MB IV Gilimanuk itu, juga akan dilakukan kembali dalam waktu dekat ini. Artinya, uji coba tidak hanya sekali. Termasuk nantinya ada uji coba terkait kekuatan beban dermaga. Namun secara prinsip, Syamsuddin menyatakan Dermaga MB IV itu sudah bisa dioperasikan saat masa angkutan Nataru. “Nanti segera dioperasikan. Sekarang ini juga masih ada beberapa sisa material yang perlu dibersihkan sebelum resmi beroperasi,” ujarnya.

Sementara dari keterangan tertulis yang diterima NusaBali, ada perbedaan cukup signifikan dalam peningkatan dermaga itu. Dalam peningkatan dermaga itu, Dermaga Ponton yang semula berkapasitas 10 ton ditingkatkan menjadi Dermaga MB dengan kapasitas 60 ton sehingga memungkinkan kapal-kapal besar untuk sandar. 

Sebelumnya, Dermaga Ponton itu hanya dapat melayani kapal hingga 1.000 GRT. Namun setelah upgrade menjadi MB, dermaga itu dinyatakan bisa melayani kapal hingga berukuran 4.000 GRT. Di samping itu, panjang dermaga ditambah dari 24 meter menjadi 75 meter dan trestle dari 25 meter menjadi 85 meter dengan fasilitas yang mencakup 3 unit mooring dolphin dan 5 unit breasting dolphin. 7 ode

Komentar