nusabali

Pemuda Bukan Pemula Adakan Kursus Bahasa Inggris Gratis

  • www.nusabali.com-pemuda-bukan-pemula-adakan-kursus-bahasa-inggris-gratis

DENPASAR, NusaBali.com - Pemuda Bukan Pemula, komunitas sosial berbasis di Kota Denpasar, memberikan kursus gratis kepada ribuan warga khususnya yang berada di wilayah Denpasar Selatan.

Program ini telah berlangsung sejak Juni 2023 dan menjadi daya tarik warga. Peserta kursus mengikuti pelatihan dari para mentor sebanyak 8 kali pertemuan pada hari Sabtu dan Minggu setiap pekannya. 

Ketua Pemuda Bukan Pemula Yonathan Andre Baskoro, 31, mengatakan pendidikan merupakan salah satu bidang yang menjadi perhatian komunitas sosial yang dipimpinnya. Menurutnya banyak warga yang berniat mengembangkan kompetensinya di bidang bahasa Inggris namun terhalang biaya. 

“Ternyata banyak orangtua yang sayang sama anaknya, ingin mengikuti kursus untuk anaknya, namun mereka memang ada keterbatasan dana,” ujarnya di sela kegiatan kompetisi drama menggunakan bahasa Inggris di Sekretariat Pemuda Bukan Pemula, Desa Sidakarya, Kecamatan Denpasar Selatan, Minggu (10/12/2023) sore. 

Ia mengatakan kompetisi drama yang digelar sekaligus menjadi evaluasi dari kursus yang diberikan selama ini. Yonathan mengatakan sejak dibuka pada Juni, peserta yang mendaftar sudah menyentuh angka 1.000 orang. Mereka bukan saja dari kalangan pelajar namun juga dari kalangan pekerja.

Ia mengatakan, Bali merupakan daerah industri pariwisata yang tentunya membutuhkan banyak SDM dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik. Yonathan berharap program kursus gratis yang digelar pihaknya dapat membantu warga yang ingin meningkatkan kompetensi bahasa Inggrisnya. 

Tidak hanya kursus bahasa Inggris, Pemuda Bukan Pemula dalam programnya kali ini juga memberikan kursus mengemudi gratis hingga membantu mengurus NIB (Nomor Induk Berusaha) warga yang memiliki UMKM. Yonathan berharap program-program yang diberikan dapat membantu warga meningkatkan taraf hidupnya. 

“Mudah-mudahan apa yang kita kerjakan hari ini bisa menginspirasi pemuda-pemuda lain untuk melakukan hal yang sama,” tambah pria yang juga seorang advokat dan akademisi ini. 

Salah satu peserta kursus Eliza, 48, mengatakan dirinya mengikuti kursus bahasa Inggris untuk meningkatkan kompetensinya di dunia kerja. Eliza merupakan seorang instruktur yoga dan terapis yang cukup sering bertemu dengan wisatawan ataupun orang asing. Eliza mengaku kemampuan bahasa Inggrisnya mengalami peningkatan setelah mengikuti pelatihan. “Walaupun berumur tapi kita harus belajar terus,” ujarnya. 

Laura Natasha, 17, seorang pelajar mengatakan juga mendapat pengalaman baru belajar bahasa Inggris. Ia mengatakan pelajaran yang diberikan pada kursus gratis Pemuda Bukan Pemula lebih mendalam dibandingkan yang didapat di sekolah. 

“Dan juga ada buku paketnya. Beberapa miss juga ngasi PR, jadi kita juga nggak datang terus selesai, tapi kita juga buat practice di rumah,” ujar siswi kelas 2 SMA ini. 

Komentar